Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HM Sampoerna Andalkan Digitalisasi untuk Bantu UMKM Berkembang

Kompas.com - 06/03/2024, 19:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk menghadirkan sejumlah program untuk memberdayakan UMKM. Program itu di antaranya adalah digitalisasi.

Salah satu program untuk UMKM yang digelar perseroan adalah Program UMKM Untuk Indonesia untuk Transformasi Digital 2024.

"Kami percaya digitalisasi dan pendampingan adalah kunci mendukung UMKM agar semakin berdaya dan dapat menjadi bagian dari rantai pasok global. Jadi tidak hanya lokal, kami berharap sampai ke global," kata Kepala Urusan Eksternal Sampoerna Ishak Danuningrat dalam keterangan tertulis, Rabu (6/3/2024).

Baca juga: Kemenkop UKM Gelar Inabuyer Expo Mei 2024, Targetkan Kerja Sama UMKM hingga Rp 2 Triliun

Ilustrasi UMKM, strategi bisnis UMKM. SHUTTERSTOCK/BLEAKSTAR Ilustrasi UMKM, strategi bisnis UMKM.

Sejumlah UMKM yang menjadi peserta Program UMKM Untuk Indonesia untuk Transformasi Digital 2024 menyampaikan antusiasmenya dalam hal peningkatan kemampuan pemasaran online dan memperluas akses pasar.

Pelaku UMKM meminta pendampingan melalui program ini berkesinambungan agar dapat terus berlanjut.

Program ini diinisiasi oleh perseroan melalui program pemberdayaan UMKM bertajuk Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) bersama Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta dengan menggandeng pemerintah provinsi serta kabupaten/kota di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Leni Mariyani, pemilik UMKM Dakey House berharap Program UMKM Untuk Indonesia 2024 untuk Transformasi Digital 2024 menjadi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dan kapabilitas, khususnya optimalisasi penjualan online.

Baca juga: Digitalisasi dan Pendampingan Jadi Kunci UMKM agar Berdaya

“Kami berharap program ini membantu bisnis kami berkembang. Sejauh ini kami mengandalkan pameran. Penjualan online sudah dicoba tapi belum optimal sehingga berharap program ini bisa mengakselerasi, kami bisa lebih optimal,” katanya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com