Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digitalisasi dan Pendampingan Jadi Kunci UMKM agar Berdaya

Kompas.com - 05/03/2024, 16:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk menghadirkan sejumlah program untuk memberdayakan UMKM. Program itu di antaranya adalah digitalisasi dan pendampingan.

Salah satu program untuk UMKM yang digelar perseroan adalah Program UMKM Untuk Indonesia untuk Transformasi Digital 2024 di Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna Ishak Danuningrat mengatakan, program tersebut membuka kesempatan bagi 1.000 UMKM dari berbagai kota/kabupaten di Jawa Barat dan DKI Jakarta untuk akselerasi kegiatan wirausaha.

Baca juga: Kalah Saing dengan Bank Umum, BPR Diminta Garap Segmen UMKM

Ilustrasi UMKM kuliner. SHUTTERSTOCK/ARIEF BUDI KUSUMA Ilustrasi UMKM kuliner.

Setelah peluncuran di Jawa Barat, secara terpisah akan dilangsungkan peluncuran program UMKM Untuk Indonesia di DKI Jakarta.

"Nantinya 10 peserta terbaik akan turut berkompetisi pada acara puncak, yaitu IDEAL (Inovasi dan Digitalisasi Entrepreneur untuk Akselerasi Lanjutan) yang direncanakan akan digelar di bulan Agustus, di mana para peserta terbaik ini akan mendapatkan manfaat berupa pendampingan untuk peningkatan kapasitas produksi oleh BRIN," kata Ishak dalam keterangannya, Selasa (5/3/2024).

Ishak melanjutkan, UMKM adalah tulang punggung ekonomi nasional yang membutuhkan dukungan semua pihak. Untuk itu kolaborasi dengan semua pihak sangat penting guna membantu UMKM lebih maju.

Salah satu tantangan pengembangan UMKM, paparnya, ialah akses pasar.

Baca juga: Tips Branding untuk UMKM agar Omzet Meningkat

Sampoerna bekerja sama dengan sejumlah pihak berusaha menjawab tantangan itu melalui berbagai macam pelatihan dan workshop, termasuk digitalisasi, legalitas usaha, manajemen usaha dan lainnya.

"Kami percaya digitalisasi dan pendampingan adalah kunci mendukung UMKM agar semakin berdaya dan dapat menjadi bagian dari rantai pasok global. Jadi tidak hanya lokal, kami berharap sampai ke global," paparnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com