Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Pendapatan Nasional dan Contoh Perhitungannya

Kompas.com - 09/03/2024, 17:11 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak manfaat pendapatan nasional bagi ekonomi suatu negara. Ini karena perhitungannya bisa jadi indikator ekonomi.

Pendapatan nasional adalah jumlah keseluruhan pendapatan yang dihasilkan oleh semua faktor produksi dalam suatu negara selama periode waktu tertentu, biasanya dalam satu tahun.

Ini mencakup pendapatan yang diperoleh oleh individu, rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah dalam suatu negara.

Pendapatan nasional merupakan salah satu indikator utama tentang kesejahteraan ekonomi suatu negara. Ini mencerminkan produktivitas ekonomi secara keseluruhan, dan dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi dari waktu ke waktu.

Baca juga: Pengertian Pendapatan Nasional, Rumus, Manfaat, dan Komponen

Manfaat pendapatan nasional

Dirangkum dari laman Testbook, manfaat pendapatan nasional adalah membantu dalam merumuskan kebijakan ekonomi dan rencana pembangunan yang efektif.

Ini membantu dalam membandingkan kinerja ekonomi berbagai wilayah dan periode. Data ini penting untuk memantau pertumbuhan, stabilitas, dan kemajuan ekonomi.

Berikut beberapa manfaat perhitungan pendapatan nasional:

1. Indikator kesejahteraan ekonomi

Manfaat pendapatan nasional adalah sebagai salah satu indikator utama kesejahteraan ekonomi suatu negara. Semakin tinggi pendapatan nasional, semakin besar kemungkinan masyarakatnya memiliki akses terhadap barang dan jasa yang diperlukan untuk hidup yang layak.

2. Perencanaan pembangunan

Manfaat pendapatan nasional adalah memberikan gambaran tentang kesehatan ekonomi suatu negara dan memungkinkan pemerintah untuk merencanakan kebijakan ekonomi yang tepat, seperti anggaran, pajak, dan subsidi.

3. Investasi dan pertumbuhan ekonomi

Pendapatan nasional yang tinggi dapat meningkatkan tingkat investasi dalam suatu negara, karena investor akan melihat adanya peluang yang menguntungkan. Investasi yang lebih besar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

4. Pembangunan infrastruktur

Pendapatan nasional yang tinggi memberikan pemerintah dana yang cukup untuk membangun infrastruktur yang diperlukan, seperti jalan raya, bandara, pelabuhan, dan fasilitas lainnya, yang sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com