Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angka Pengangguran AS Naik ke Tingkat Tertinggi dalam 2 Tahun, Kenapa?

Kompas.com - 10/03/2024, 15:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Tingkat pengangguran di Amerika Serikat (AS) naik ke tingkat tertinggi dalam dua tahun pada Januari 2024, meskipun lapangan kerja yang diciptakan lebih banyak dari perkiraan.

Dikutip dari BBC, Minggu (10/3/2024), angka pengangguran AS naik menjadi 3,9 persen, naik dari 3,7 persen pada Januari 2024, bahkan ketika korporasi menambah 275.000 lapangan kerja, kata Departemen Tenaga Kerja AS.

Laporan bulanan angka pengangguran AS diawasi dengan ketat untuk mencari petunjuk bagaimana ekonomi terbesar di dunia ini menyerap lonjakan biaya pinjaman sejak tahun 2022.

Baca juga: Daftar 10 Provinsi dengan Pengangguran Tertinggi, Banten Urutan 1, Jakarta Masuk 5 Besar

Ilustrasi pengangguran.Freepik Ilustrasi pengangguran.

Angka-angka terbaru mengirimkan sinyal yang beragam. Secara keseluruhan, para analis mengatakan laporan tersebut tidak menimbulkan kekhawatiran besar atau meningkatkan kekhawatiran bahwa perekonomian AS akan dirugikan oleh kenaikan suku bunga.

“Secara keseluruhan keadaannya masih terlihat baik,” kata profesor Harvard Josh Furman, mantan penasihat ekonomi Barack Obama, melalui media sosial.

Furman menambahkan bahwa angka-angka terbaru ini membuat keseimbangan kekhawatiran sedikit menjauh dari inflasi dan menuju resesi.

Angka resmi menunjukkan perekrutan tenaga kerja oleh perusahaan layanan kesehatan, pemerintah, serta bar dan restoran mendorong peningkatan lapangan kerja pada bulan Februari 2024.

Baca juga: Menantang Capres: Indonesia Tanpa Pengangguran

Meskipun kenaikan tersebut lebih besar dari perkiraan banyak analis, Departemen Tenaga Kerja juga mengatakan pertumbuhan lapangan kerja pada bulan Januari dan Desember adalah sekitar 167.000 lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com