Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCI Gandeng Jepang untuk Pengadaan Suku Cadang KRL Selama 2024-2027 Senilai Rp 734 Miliar

Kompas.com - 14/03/2024, 07:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter (KCI) melakukan kontrak kerja sama dengan JR East Rail Car Technology and Maintenance atau JRTM Jepang untuk pengadaan suku cadang KRL selama 2024-2027.

Direktur Utama KCI Asdo Artriviyanto mengatakan, kerja sama yang dilakukan dengan jangka waktu multiyears atau Long Term Purchase Agreement (LTPA) ini nilai investasinya sebesar Rp 734 miliar.

Dia bilang, selama lima tahun terakhir KCI terus menjalin kerja sama dengan pihak Jepang dalam pengadaan suku cadang hingga peningkatan kompetensi pegawai untuk mendukung operasional KRL khususnya di wilayah Jabodetabek.

"Dengan total investasi nilai kerja sama LTPA ini untuk memastikan ketersediaan suku cadang dan perawatan sarana KRL berjalan dengan baik untuk kebutuhan operasional pelayanan KAI Commuter selama tiga tahun kedepan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (13/3/2024).

Baca juga: Kemendag Relaksasi Lartas Impor Suku Cadang Pesawat

Selain kontrak kerja sama pengadaan suku cadang, kCI dan JRTM Jepang juga melakukan penandatanganan MoU dengan JRTM Jepang.

MoU tersebut meliputi perpanjangan umur teknis untuk seri JR 205 dengan program peremajaan, mempromosikan dan bekerjasama dalam perawatan dan pengelolaan penyediaan jasa suku cadang.

Kemudian pelatihan dan transfer knowledge untuk mendukung dan mempersiapkan implementasi peremajaan sarana, pertukaran tenaga ahli, hingga penyediaan suku cadang dan manajemen persediaan.

Baca juga: Suku Cadang Eskalator Stasiun Bekasi yang Diimpor Sudah Datang, Kapan Bisa Digunakan?


Sebagai informasi, saat ini KCI selaku operator KRL Commuterline telah mengangkut rata-rata pengguna 1 juta lebih orang per hari di seluruh Wilayah operasionalnya.

Ke depannya, KCI menargetkan dapat melayani lebih dari 2 juta penumpang KRL Commuterline per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com