Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Bakal Periksa Lift dan Eskalator di 6 Stasiun KRL Ini

Kompas.com - 14/03/2024, 11:41 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memeriksa seluruh lift dan eskalator di enam stasiun KRL Jabodetabek, yaitu Stasiun Manggarai, Matraman, Jatinegara, Bekasi, Tambun, dan Cikarang.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jakarta (BTP Jakarta) Kemenhub Ferdian Suryo Adhi Pramono mengatakan, uji pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan pada fasilitas stasiun KRL. Keenam stasiun tersebut dipilih lantaran masih dalam tanggung jawab BTP Jakarta.

Sebagai informasi, fasilitas lift dan eskalator di stasiun-stasiun KRL kerap dikeluhkan penumpang lantaran banyak yang tidak berfungsi.

Baca juga: Eskalator di Peron 11 dan 12 Stasiun Manggarai Kembali Beroperasi

Ferdian bilang, uji pemeriksaan akan dilanjutkan dengan perawatan berupa overhaul atau rekondisi terhadap perangkat lift dan eskalator yang membutuhkan perbaikan.

"Persetujuan terkait anggaran perawatan tersebut telah disetujui minggu lalu dan akan segera kami tindaklanjuti dengan mekanisme yang berlaku dalam pengadaan barang atau jasa pemerintah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/3/2024).

Dia mengungkapkan, DJKA telah melakukan pembahasan bersama PT KAI (Persero) dan PT KAI Commuter (KCI) selaku operator terkait pengelolaan stasiun.

Pembahasan dilakukan untuk dapat lebih mengefektifkan pelayanan dan dapat memaksimalkan pelayanan bagi penumpang di stasiun-stasiun komuter yang ada di bawah lingkup wilayah pengawasan BTP Jakarta.

Kendati demikian, dia juga mengajak masyarakat pengguna jasa layanan kereta api untuk bersama-sama menjaga fasilitas yang telah disediakan.
"Jika nanti ditemukan kendala lebih lanjut pada fasilitas yang ada, mohon agar dapat disampaikan ke kami agar dapat segera kami tindaklanjuti,” tuturnya.

Sebelumnya, PT KCI akan memeriksa semua eskalator di Stasiun Manggarai setelah terjadinya insiden eskalator yang mendadak menyala dan membuat penumpang terjatuh pada Rabu (21/2/2024).

Direktur Utama KCI Asdo Artriviyanto mengatakan, pemeriksaan eskalator secara menyeluruh ini untuk mengantisipasi insiden serupa terulang di kemudian hari.

"Inilah yang kita antisipasi, mungkin nanti pelayanan di Manggarai agak terganggu karena akan kita periksa semua supaya kejadian yang serupa tidak terjadi lagi," ujarnya saat ditemui di Stasiun Jakarta Kota, Jumat (23/2/2024).

Asdo mengungkapkan, perawatan Stasiun Manggarai termasuk fasilitas stasiun seperti eskalator masih menjadi tanggung jawab DJKA Kemenhuhb.

Oleh karenanya, dalam melaksanakan pemeriksaan semua eskalator Stasiun Manggarai ini, KCI berkoordinasi dengan BTP Jakarta DJKA Kemenhub.

"Sudah sampaikan ke Kepala BTP juga, kita minta untuk eskalator lainnya kita mitigasi, kita cek supaya tidak ada permasalahan secara teknis sehingga menimbulkan gangguan serupa," ucapnya.

Selain itu, kata Asdo, gangguan eskalator semacam ini baru pertama kali dialami pada eskalator Stasiun Manggarai.

"Case ini sementara baru ada di Manggarai, di stasiun lainnya belum ada. Karena kan mungkin pihak pelaksana pekerjaannya beda-beda kan tiap stasiun," tutur Asdo.

Baca juga: Perbaikan Eskalator Stasiun Manggarai Molor, Ini Penyebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com