Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Komponen "Switch Brake", Perbaikan Eskalator Stasiun Manggarai Rampung Sepekan

Kompas.com - 23/02/2024, 06:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan perbaikan eskalator di Stasiun Manggarai yang sempat menyebabkan penumpang terjatuh bakal rampung selama sepekan.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Jakarta DJKA Kemenhub Ferdian Suryo mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu seminggu untuk mengganti komponen eskalator yang perlu diganti yaitu switch brake.

"InsyaAllah satu minggu ke depan eskalator sudah bisa digunakan kembali," ujar Ferdian kepada Kompas.com, Kamis (22/2/2024).

Dia menjelaskan, komponen switch brake perlu diganti karena terjadi anomali yang menyebabkan eskalator bergerak ke arah yang sebaliknya.

Baca juga: KCI Tutup Satu Eskalator Stasiun Manggarai yang Sempat Sebabkan Insiden

Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan bahwa sistem eskalator menonaktifkan diri secara otomatis karena kelebihan beban (overload). Padahal pada pukul 17.00 WIB eskalator masih berfungsi dengan baik.

Lalu karena eskalator ini tidak segera dimatikan secara manual dan masih tetap digunakan penumpang untuk naik ke peron dengan berjalan kaki, maka muncul anomali berupa eskalator mendadak nyala tapi bergerak ke arah sebaliknya.

"Nah anomalinya ada di berbalik arah ini," kata dia.

Baca juga: KCI dan DJKA Perbaiki Eskalator Stasiun Manggarai yang Sempat Berbalik Arah

Komponen yang Digati Dipastikan Tidak Impor

Dia menegaskan perbaikan eskalator membutuhkan waktu seminggu lamanya bukan karena DJKA perlu melakukan impor komponen terlebih dahulu.

Melainkan karena perbaikan eskalator harus melalui beberapa proses dan pengetesan sebelum dipastikan eskalator benar-benar bisa dioperasikan kembali.

"Tidak diimpor, hanya proses pengadaan dan biasanya setelah perbaikan diperlukan cek dan pengetesan ulang," ungkapnya.

Kendati demikian, dia berharap proses perbaikan eskalator ini tidak akan memakan waktu sampai sepekan. "Mudah-mudahan bisa lebih cepat," tuturnya.

Baca juga: Eskalator Stasiun Bekasi Tak Bisa Digunakan Berbulan-bulan, Kemenhub Ungkap Penyebabnya


Sebagai informasi, insiden terjadi pada pukul 18.06 WIB salah satu eskalator Stasiun Manggarai di hall lantai 1 yang mengarah ke peron 11 dan 12 yang normalnya mengarah ke atas menuju peron secara tiba-tiba bergerak berbalik arah ke arah bawah.

Kejadian tersebut membuat beberapa pengguna yang pada saat itu sedang berada di eskalator menuju ke arah peron menjadi terjatuh. Namun demikian dipastikan tidak ada korban dalam insiden tersebut.

"Agar tidak terjadi hal serupa, KAI Commuter menutup eskalator tersebut dan berkoordinasi dengan DJKA dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan eskalator," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/2/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com