Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCI Tutup Satu Eskalator Stasiun Manggarai yang Sempat Sebabkan Insiden

Kompas.com - 22/02/2024, 14:43 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video yang menunjukkan kondisi eskalator di stasiun tiba-tiba menyala dan membuat penumpang KRL yang sedang berjalan ke arah sebaliknya hampir terjatuh.

Berdasarkan unggahan video yang dibagikan akun Instagram @jalur5, kejadian tersebut terjadi di Stasiun Manggarai pada Rabu (21/2/2024).

Dinarasikan, eskalator yang tiba-tiba menyala itu ialah eskalator jalur Bogor. Eskalator itu awalnya dalam keadaan tidak beroperasi atau mati sehingga digunakan para penumpang untuk turun dari peron.

Baca juga: Dampak Switch Over Ke-7 Stasiun Manggarai, Pergerakan Penumpang KRL Jadi Lebih Mudah

Namun tiba-tiba eskalor tersebut menyala ke arah sebaliknya sehingga membuat penumpang yang berjalan di atas eskalator menjadi terdorong ke bawah. Sedangkan lantai bawah eskalator sudah padat oleh penumpang.

"Hari Rabu (21/2) terjadi insiden eskalator Stasiun Manggarai arah Bogor sebelah kiri tiba-tiba menyala untuk arah turun. Penumpang di eskalator mati tersebut terdorong ke belakang bahkan ada yang terjatuh," tulis akun Instagram @jalur5, Kamis (22/2/2024).

PT KAI Commuter (KCI) melalui Akun X atau Twitter resminya, mengkonfirmasi kejadian tersebut berlangsung pada eskalator peron jalur 11-12 Stasiun Manggarai, Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Switch Over Ke-7 Dilaksanakan Malam Ini, Simak Pola Operasi Baru di Stasiun Manggarai yang Berlaku Besok Pagi

"Setelah kami lakukan pengecekan terjadi pada 21 Februari 2024, namun pada saat eskalator berfungsi normal sekitar pukul 18:00 WIB mengalami kendala," tulis akun X @CommuterLine, Kamis.

Saat ini KCI telah melakukan penutupan eskalator dengan memberikan tanda agar penumpang tidak bisa melewati eskalator tersebut demi keselamatan.

KCI juga telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk upaya perbaikan eskalator.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan," tulisnya.

Sementara itu, Kompas.com telah menghubungi Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dan Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, namun sampai dengan berita ini ditulis masih belum mendapatkan penjelasan.

Baca juga: Ada LRT Jakarta Fase 1B, Kelapa Gading-Manggarai Cuma 26 Menit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com