Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memiliki Penampakan Minyak Makan Merah yang Bisa Mengatasi Stunting

Kompas.com - 14/03/2024, 14:43 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan minyak makan merah bisa mengatasi stunting lantaran memiliki beragam manfaat dibandingkan minyak goreng jenis lainnya. 

Adapun di antaranya adalah mengandung vitamin A, vitamin E dan Skualena yang merupakan kandungan untuk kesehatan tubuh dan jantung. 

Minyak makan merah akan memberi alternatif minyak goreng sehat, mengandung senyawa alami kelapa sawit, seperti pro Vitamin A, Vitamin E dan Skualena dengan harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Minyak makan merah dapat digunakan untuk mengatasi stunting,” ujarnya usai melakukan peresmian pabrik minyak makan merah di di Merbau, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamias (14/3/2024). 

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pertama Berbasis Koperasi

Ilustrasi minyak makan merah atau refined palm oil. SHUTTERSTOCK/TRISTAN TAN Ilustrasi minyak makan merah atau refined palm oil.

Sementara itu berdasarkan pantauan Kompas.com, minyak makan merah itu dikemas dalam pouch merah yang berukuran 1 liter. 

Pada bagian depan pouch tertulis merk Minyak Merah dengan label Halal Indonesia dengan nomor ID00110007960620823. 

Kemudian terpampang juga gambar ayam goreng serta label BPOM. Tak ketinggalan dibubuhi juga informasi produksinya yakni dari Koperasi Pemasaran Pujakusuma Sumatera Utara Deli Serdang. 

Sementara itu, pada bagian belakang pouch terdapat informasi nilai gizi dan keterangan bahwa minyak makan merah ini mengandung Skualena sebesar 4,26 miligram per saji. 

Baca juga: Sempat Molor, Pabrik Minyak Makan Merah Sudah Berproduksi

Lalu ada juga label SNI yang membuktikan bahwa minyak goreng ini lulus sertifikat SNI dan layak diedarkan. Untuk harga minyak makan merah dibanderol Rp 15.000 per kilogram.

Apabila di minyak goreng biasa warna minyaknya kuning bersih dan mengilap, sesuai dengan namanya, warna minyak makan merah ini berwarna merah jernih.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com