Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Sunway Medical Centre Masuk Daftar Rumah Sakit Terbaik di Dunia Versi Newsweek

Kompas.com - 14/03/2024, 16:31 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Sunway Medical Centre masuk dalam daftar 250 rumah sakit terbaik di dunia, "Newsweek World's Best Hospitals 2024".

Sebagai tolok ukur kinerja rumah sakit di seluruh dunia berdasarkan keunggulan klinis, riset dan inovasi, "Newsweek World's Best Hospitals 2024" melibatkan survei global dan komprehensif dengan kalangan responden yang terdiri atas dokter, tenaga kesehatan, dan administrator yang tersebar di empat benua.

Peringkat tersebut juga disusun dengan data yang berasal dari survei pasien dan metrik kualitas rumah sakit.

Baca juga: Terapkan Smart Hospital, Sunway Medical Centre Jalani Lebih dari 1.000 Operasi dengan Perbantuan Robot

Dari 30 negara dan 2.400 rumah sakit yang disurvei, termasuk rumah sakit milik negara, rumah sakit yang berada dalam naungan universitas, serta pusat medis swasta, hanya 250 rumah sakit terbaik yang berhasil tercantum dalam daftar global tersebut. Sunway Medical Centre merupakan rumah sakit pertama asal Malaysia tercantum dalam daftar tahun ini.

"Kami mendapat kehormatan atas keberhasilan Sunway Medical Centre meski tergolong rumah sakit yang relatif baru, masuk dan dinobatkan sebagai salah satu rumah sakit terbaik di dunia. Peringkat ini juga mencantumkan sejumlah rumah sakit ternama, seperti Mayo Clinic (Amerika Serikat), Singapore General Hospital (Singapura), Royal Prince Alfred Hospital (Australia), dan The University of Tokyo Hospital (Jepang)," ujar President, Sunway Healthcare Group, Dato' Lau Beng Long, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (14/3/2024).

Berdiri pada 1999, Sunway Medical Centre adalah rumah sakit swasta tingkat empat yang terbesar di Malaysia dengan 724 tempat tidur dan lebih dari 40 spesialisasi kedokteran. Rumah sakit ini juga memiliki akreditasi The Australian Council on Healthcare Standards.

"Pencapaian tersebut merupakan cara kami untuk merayakan hari jadi ke-25 Sunway Medical Centre pada tahun ini. Kami ingin meningkatkan standar perawatan lewat metode inovatif yang memprioritaskan pasien, digitalisasi, serta penyediaan layanan klinis secara komprehensif," kata Dato' Lau.

Pencapaian itu, kata dia, terwujud setelah Sunway Medical Centre tercantum sebagai rumah sakit pediatri terbaik di Malaysia, serta menempati peringkat ke-28 di Asia Pasifik dalam "Newsweek's Best Specialized Hospitals Asia Pacific 2023".

Sunway Medical Centre juga tercantum dalam daftar 75 rumah sakit terbaik dalam bidang Neurologi, Kardiologi, dan Onkologi pada survei yang sama.

Dalam daftar yang dikeluarkan pada 2024, Newsweek telah bermitra dengan perusahaan riset pasar dan data konsumen global, Statista, Inc., selama enam tahun terakhir untuk mengevaluasi dan menyusun peringkat rumah sakit terbaik di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com