Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pupuk Kaltim Terapkan Strategi dan Inovasi untuk Tekan Emisi Karbon

Kompas.com - 14/03/2024, 20:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur atau Pupuk Kaltim menyatakan terus konsisten mengimplementasikan strategi serta inovasi dalam mengembangkan bisnis.

Pupuk Kaltim pun dinilai berhasil dalam upaya menyusun strategi perusahaan serta penerapan aktivitas penyelarasan bisnis atau reinvention business.

Ini mencangkup beberapa aspek yaitu pertumbuhan, keberlanjutan, inklusivitas, sinergitas, dan kolaborasi dalam lingkup perusahaan.

Baca juga: Tekan Emisi Karbon, Perhutani Gandeng Pertamina Garap Proyek NEBS

 

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan, proyek revamping sejalan dengan prinsip environmental, social, and governance (ESG) yang menjadi prioritas perseroan dalam mengupayakan transformasi hijau di Indonesia. Proyek revamping pabrik tertua ini ditargetkan bisa menekan emisi hingga 110.000 ton CO2 equivalent per tahun. Dok. Pupuk Kaltim Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan, proyek revamping sejalan dengan prinsip environmental, social, and governance (ESG) yang menjadi prioritas perseroan dalam mengupayakan transformasi hijau di Indonesia. Proyek revamping pabrik tertua ini ditargetkan bisa menekan emisi hingga 110.000 ton CO2 equivalent per tahun.

Budi Wahju Soesilo, Direktur Utama Pupuk Kaltim menyampaikan, hingga saat ini perseroan telah berhasil dalam mengimplementasikan rangkaian strategi perusahaan yang berbasis pada prinsip growth strategy baik pada sektor produksi dan suplai, diversifikasi usaha, hingga ekspansi geografis.

"Ke depannya kami berharap dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain di Indonesia untuk berkontribusi dalam memajukan perekonomian Indonesia, khususnya dalam industri pupuk dan petrokimia, sambil tetap berusaha menjadi yang terbaik," ungkap Budi dalam keterangan resmi, Kamis (14/3/2024).

Pupuk Kaltim juga dinilai mampu menerapkan strategi dan inovasi pada dua aspek kunci, yaitu implementasi teknologi dan manajemen SDM yang unggul, terutama dalam mendukung dekarbonisasi dan pengurangan emisi karbon.

Dalam satu dekade pertama sejak digagas pada tahun 2022, Pupuk Kaltim berkomitmen untuk mengurangi hingga sepertiga emisi karbon pada tahun 2030 dan berkontribusi terhadap target pemerintah mencapai Net Zero Emission di 2060.

Baca juga: Di COP28 Dubai, Petrokimia Gresik Paparkan Strategi Tekan Emisi Karbon

Guna terus mengembangkan bisnisnya, Pupuk Kaltim hingga saat ini terus menerapkan operational excellence di seluruh lini bisnis dan operasionalnya sambil menjaga produktivitas pertanian nasional dan sekaligus memastikan keamanan distribusi pupuk demi mendukung ketahanan pangan nasional.

Tidak hanya itu, pada aspek keberlanjutan bisnis Pupuk Kaltim sebelumnya telah merumuskan rencana bisnis untuk periode 2021-2030.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com