Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Imbau Masyarakat Tak Tukar Uang di Pinggir Jalan

Kompas.com - 26/03/2024, 21:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.om - Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat untuk menukarkan uang layak edar (ULE) ke layanan BI atau perbankan yang resmi, terutama dalam kebutuhan Ramadhan dan Lebaran.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Agus Susanto Pratomo mengatakan, saat ini masyarakat yang terjangkau layanan bank terutama rekening tabungan telah bertambah banyak. Dengan demikian, harapannya masyarakat dapat menukarkan uang untuk kebutuhan Hari Raya di layanan perbankan.

"Yang jelas makin lama makin ke sini itu makin berkurang (penukaran uang pinggir jalan) karena kami selalu mengimbau penukaran harus ke bank," kata dia ketika ditemui di kawasan kantor Kompas Gramedia, Selasa (26/3/2024).

Baca juga: Jadwal, Lokasi, Cara dan Syarat Penukaran Uang BI di Jabodebek Khusus Ramadhan 2024

Namun demikian, ia tidak menutup kemungkinan masih ada jasa penukaran uang di pinggir jalan yang ramai menjelang Idul Fitri.

Agus mengimbau agar masyarakat menyadari adanya risiko yang mungkin muncul dari layanan penukaran uang di pinggir jalan tersebut.

"Saya mengimbau masyarakat aware, karena saya tidak garansi juga," imbuh dia.

Baca juga: Catat, Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang BI di Jabodebek

Hal-hal yang dapat terjadi dengan penukaran uang di pinggir jalan adalah adanya ketidaksesuaian denominasi atau sengaja dicampur dengan uang palsu.

"Kalau di perbankan kan lebih aman," tandas dia.

Sebelumnya, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlinson Hakim menungkapkan, penambahan titik penukaran diharapkan memberikan masyarakat pilihan penukaran uang.

Sedikit catatan, terdapat 449 titik layanan penukaran oleh Bank Indonesia yang daftarnya dapat dilihat pada laman PINTAR.

Baca juga: BI Siapkan 418 Titik Penukaran Uang di Jawa Tengah dan DIY

Di sisi lain, perbankan memiliki 4.264 kantor bank atau titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kami mengimbau masyarakat agar melakukan penukaran di titik layanan Bank Indonesia dan perbankan karena tiga pasti, pasti jumlahnya, pasti keasliannya, dan pasti tanpa biaya," ujar dia.

Untuk layanan penukaran uang rupiah baik melalui layanan penukaran terpadu, dan BI peduli mudik, dan kas keliling kecuali kas keliling susur sungai, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR).

Selain penukaran uang rupiah tersebut, BI juga menyediakan layanan tambahan meliputi penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK75RI) dan penerimaan penukaran menggunakan uang logam pada kas keliling terpadu.

Baca juga: Jurus BI Halau Penukaran Uang Pinggir Jalan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com