Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KoinWorks dan IDH.ID Fasilitasi Pembiayaan untuk 380.000 Pelaku Bisnis FMCG

Kompas.com - 27/03/2024, 15:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KoinWorks menjalin kemitraan strategis dengan IDH.ID (PT Indonesia Distribution Hub) untuk memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan IDH Paylater bagi pemilik toko dan reseller di seluruh Indonesia. 

Dalam kemitraan ini, KoinPayLater dan IDH.ID akan memfasilitasi pinjaman kepada setidaknya 380.000 pelaku bisnis FMCG yang akan dilakukan secara bertahap, dengan persetujuan cepat, dan limit hingga Rp 2 miliar.

Kerja sama ini memungkinkan para reseller berbelanja kebutuhan bisnis secara daring dengan sistem pembayaran tempo.

Baca juga: KoinWorks Gandeng Kemenkop UKM Fokus Kembangkan Sektor Agrikultur dan Peternakan

Sebagai mitra pertama IDH.ID dalam menyediakan produk buy now pay later, KoinWorks melalui KoinPayLater memperluas jangkauannya ke sektor FMCG pada tahun ini.

Langkah ini merupakan keputusan strategis bagi kedua perusahaan untuk memberikan solusi pembayaran yang lebih fleksibel kepada pelaku usaha yang menyediakan produk konsumsi sehari-hari.

CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan ekosistem bisnis di Indonesia, khususnya dalam sektor FMCG yang terintegrasi secara menyeluruh dalam ekosistem penjualan dan distribusi.

“Kami memiliki kesempatan untuk memberikan dampak yang lebih luas, baik kepada distributor maupun UMKM pemilik toko,”kata Benedicto dalam siaran pers, Rabu (27/3/2024).

“Dengan adanya layanan ini, diharapkan pengelolaan arus kas dan daya beli para pemilik toko dapat meningkat secara signifikan,” tambah Benedicto.

Benedicto menegaskan, dengan berkonsentrasi pada sektor UMKM yang terus berkembang, terutama FMCG, KoinWorks berharap mampu menjangkau lebih banyak pelaku usaha di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2024.

“Di samping memenuhi ketersediaan barang kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat, pembiayaan di sektor ini memainkan peran sentral dalam ekonomi Indonesia,” tegas Benedicto.

Baca juga: 5 Merek FMCG Paling Banyak Dibeli Warga RI Selama Masa Pandemi 2021, Indomie Nomor Satu

 


CEO IDH.ID, Jack Ng menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan, termasuk pada opsi pembayaran yang lebih fleksibel guna memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang.

“Kerja sama dengan KoinWorks sebagai mitra pertama kami untuk paylater diharapkan menjadi bagian penting dari revolusi bisnis di industri FMCG yang akan membuka banyak kesempatan untuk suksesnya pasar FMCG di Indonesia,” ungkap Ng.

Lewat rantai distributor di Indonesia, IDH.ID telah memberikan pasokan kepada pelanggan di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Seluruh distributor yang tergabung di dalam IDH.ID adalah distributor yang memiliki pengalaman panjang, infrastruktur yang kuat serta hubungan baik kepada para pelanggan sehingga transformasi digital yang dilakukan membantu produktivitas dan efisiensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com