Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Mudik Gratis Diperjualbelikan, Ini Respons Kemenhub

Kompas.com - 02/04/2024, 08:37 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melarang masyarakat menjual tiket Mudik Gratis 2024. Pasalnya, di media sosial beredar informasi tiket mudik gratis moda bus yang diperjualbelikan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan, dengan adanya jual-beli tiket ini bisa mengambil kesempatan orang lain yang benar-benar membutuhkan untuk pulang ke kampung halaman dengan gratis menggunakan angkutan umum.

"Kementerian Perhubungan sangat menyayangkan kejadian ini. Mudik gratis bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa mudik lebih aman, selamat, nyaman dan tentunya tanpa biaya. Kami meminta agar masyarakat tidak memperjualbelikan tiket mudik gratis," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (1/4/2024).

Baca juga: MTI soal Mudik Gratis Pemerintah: Perlu Ada Integrasi Data

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak membeli tiket mudik gratis di calo. Pasalnya, pada prosesnya nanti peserta mudik gratis perlu melakukan validasi ulang di hari keberangkatan sehingga tiket tidak dapat digunakan apabila terdapat perbedaan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Nanti akan dilakukan pencocokan nama dan NIK yang tertera pada tiket mudik gratis melalui pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) para peserta saat Hari H keberangkatan. Yang identitasnya berbeda tidak akan bisa ikut berangkat mudik gratis," jelasnya.

Di sisi lain, dia mengingatkan masyarakat yang serius mengikuti program Mudik Gratis 2024 untuk segera melakukan validasi pada posko-posko yang telah disediakan agar mendapatkan tiket fisik.

Masyarakat juga diharapkan mengonfirmasi keberangkatannya apabila terdaftar di lebih dari dua program Mudik Gratis 2024 yang berbeda.

Baca juga: Kemenhub Bakal Blacklist Peserta Mudik Gratis yang Daftar di Penyelenggara Lain

"Kementerian Perhubungan akan terus mengawal dan mengawasi apabila terjadi hal-hal yang tidak semestinya pada program Mudik Gratis 2024 ini demi keselamatan dan keamanan bersama," tuturnya.

Sebagai informasi, Kemenhub baru saja menambah kuota Mudik Gratis 2024 dengan moda bus sebanyak 10.000 kursi untuk keberangkatan saat arus mudik maupun balik.

Adapun saat ini kuota Mudik Gratis 2024 itu dapat dicek secara berkala di aplikasi MitraDarat karena apabila ada yang gagal validasi kuota akan otomatis terbuka.

Baca juga: Kemenhub Tambah 10.000 Kuota Mudik Gratis 2024 Menggunakan Bus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com