Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengambilan Uang Perusahaan untuk Keperluan Pribadi Pemilik Menyebabkan Apa?

Kompas.com - 23/05/2024, 06:22 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pengambilan uang perusahaan untuk keperluan pribadi disebut dengan prive (drawing). Sederhananya, prive adalah pengeluaran atau penarikan uang perusahaan yang dilakukan oleh pemilik perusahaan.

Prive sendiri harus masuk dalam perhitungan persamaan akuntansi, prive adalah catatan akuntansi yang dikelola untuk melacak uang dan aset lain yang ditarik dari perusahaan oleh pemiliknya.

Ini merupakan transaksi yang umum dalam bisnis yang dimiliki secara perseorangan atau kemitraan. Prive dicatat dalam akun khusus yang disebut "Akun Prive" atau "Penarikan Prive".

Mengutip Investopedia, penarikan uang atau aset lain perusahaan oleh pemiliknya lazim terjadi pada perusahaan-perusahaan yang masih berbentuk perseroan terbatas, CV, dan perusahaan skala kecil dan menengah.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Persamaan Dasar Akuntansi?

Pemilik bisnis semacam itu bebas mengambil uang dari rekening bank perusahaan mereka dan menyimpannya di rekening pribadi mereka untuk membayar pengeluaran pribadi kapan pun mereka mau, asalkan mereka mematuhi aturan.

Kemudian, manajemen perusahaan akan melakukan pencatatan pada entri jurnal terkait penarikan dana oleh pemilik tersebut dengan melakukan debit penarikan oleh pemilik, serta melakukan kredit uang tunai.

Karakteristik prive:

  • Sifatnya non-bisnis: Penarikan prive bukan untuk kepentingan bisnis, melainkan untuk keperluan pribadi pemilik.
  • Mengurangi modal: Prive mengurangi jumlah modal yang dimiliki pemilik dalam perusahaan karena dana atau aset yang ditarik berasal dari ekuitas atau laba yang dihasilkan perusahaan.
  • Tidak termasuk beban operasional: Prive tidak dianggap sebagai beban operasional perusahaan, sehingga tidak mempengaruhi laba bersih dalam laporan laba rugi.

Baca juga: Kumpulan Soal dan Pembahasan Materi Persamaan Dasar Akuntansi

Pencatatan prive

Dalam pencatatan akuntansi, prive dilakukan dengan mendebit Akun Prive dan mengkredit Kas atau akun aset lainnya yang ditarik oleh pemilik. Contoh pencatatan jurnal untuk penarikan prive adalah sebagai berikut:

Penarikan dalam bentuk uang tunai:

  • Debit: Akun prive
  • Kredit: Kas

Penarikan dalam bentuk aset non-tunai:

  • Debit: Akun prive
  • Kredit: Persediaan

Apa dampaknya ke laporan keuangan:

  • Neraca: Prive mengurangi ekuitas pemilik dalam neraca. Pada akhir periode akuntansi, saldo dalam Akun Prive biasanya ditutup ke akun Modal Pemilik.
  • Laporan Laba Rugi: Karena prive bukan merupakan beban, tidak akan muncul dalam laporan laba rugi. Namun, berpengaruh pada perubahan modal di neraca.

Pengambilan Uang Perusahaan untuk Keperluan Pribadi Pemilik Menyebabkan apa yang dinakaman Prive.Muhammad Idris/Money.kompas.com Pengambilan Uang Perusahaan untuk Keperluan Pribadi Pemilik Menyebabkan apa yang dinakaman Prive.

Kesimpulannya, pengambilan uang perusahaan untuk keperluan pribadi adalah disebut prive dalam persamaan akuntansi.

Baca juga: Persamaan Dasar Akuntansi: Definisi, Fungsi, Rumus Dasarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com