Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses "Refund" Tiket Kereta Antarkota Jadi Lebih Cepat mulai 1 Juni

Kompas.com - 30/05/2024, 07:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mempercepat waktu pengembalian dana pembatalan tiket kereta api antarkota dari sebelumnya mencapai 30-45 hari menjadi maksimal tujuh hari setelah tanggal pembatalan.

Perubahan waktu pengembalian dana (refund) tiket kereta api antarkota ini berlaku mulai 1 Juni 2024.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penumpang yang membatalkan perjalanan kini tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kembali dana mereka sehingga proses pembatalan menjadi lebih mudah dan tidak memberatkan.

"Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap layanan KAI. Serta menarik lebih banyak penumpang untuk menggunakan moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama mereka," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/5/2024).

Baca juga: Ketentuan dan Cara Refund-Reschedule Tiket Damri

Dia menjelaskan, ada beberapa metode refund tiket, yaitu melalui transfer ke rekening bank atau dompet digital (e-wallet) dan pengembalian dana secara tunai. Pengembalian tunai ini dapat dilakukan di stasiun-stasiun tertentu yang telah ditetapkan oleh KAI pada tujuh hari setelah tanggal pembatalan.

Selain itu, KAI juga mengatur pengembalian dana untuk KA Perkotaan yang dikelola oleh KAI pusat ataubukan anak perusahaan. Pengembalian dana dilakukan secara tunai pada tujuh hari setelah tanggal pembatalan.

"Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa semua penumpang, baik pengguna KA antarkota maupun KA perkotaan, mendapatkan layanan yang cepat dan efisien," ucapnya.

Baca juga: Cara Refund Tiket Kereta Cepat Whoosh

 


Sebagai informasi, pembatalan tiket dapat dilakukan pada aplikasi Access by KAI dan loket stasiun yang melayani pembatalan tiket, dengan dipotong biaya administrasi sebesar 25 persen per tiket yang dibatalkan.

Penumpang dapat membatalkan tiket di Access by KAI selambatnya dua jam sebelum keberangkatan kereta api atau di loket stasiun selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan kereta api.

Baca juga: Cara Refund Tiket Kereta Api melalui Aplikasi Access by KAI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com