Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga April 2024, Jumlah Nasabah Tabungan Haji BSI Tembus 5,1 Juta

Kompas.com - 03/06/2024, 21:25 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatat kinerja positif pada pada produk tabungan haji. Hingga April 2024, dana pihak ketiga (DPK) tabungan haji BSI mencapai Rp 11,86 triliun tumbuh 14,09 persen secara year on year dengan jumlah nasabah tabungan haji sebanyak 5,1 juta orang.

Bertepatan dengan periode pelaksanaan ibadah haji, Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna turut mengimbau para jamaah untuk melakukan transaksi secara cashless, seperti menggunakan kartu BSI Debit Mabrur/Debit Haji, sehingga lebih aman dan mudah dalam bertransaksi selama ibadah haji.

BSI menawarkan berbagai program menarik melalui penggunaan BSI Debit Mabrur/Debit Haji mulai dari gratis biaya tarik tunai di ATM berlogo Visa di Arab Saudi tiga kali per bulan hingga memberikan 0,1 persen untuk donasi dari setiap transaksi nasabah di merchant food and beverages. 

Baca juga: MTDL Bakal Tebar Dividen Rp 257,8 Miliar dari Laba Bersih 2023

Berdasarkan data internal BSI, sebagian besar atau sebanyak 53 persen calon jamaah haji di BSI masuk dalam kategori usia di atas 55 tahun. Oleh sebab itu, BSI juga telah menyiapkan layanan pra dan pasca haji yang bisa digunakan calon jamaah haji BSI, terutama lanjut usia (lansia).

Khusus untuk jemaah haji yang berusia lansia, BSI menyediakan 200 kursi roda hasil kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag). Layanan kursi roda bagi lansia ini tersedia di titik Masjidil Haram serta Terminal Syib Amir dan Jiyad, Arab Saudi.

Jemaah lansia Indonesia dapat mengajukan ke ketua kloter, kemudian diteruskan ke ketua sektor untuk mendapatkan layanan kursi roda tersebut. Syaratnya, jemaah merupakan kategori lansia atau sakit yang sangat tergantung dengan kursi roda serta tidak membawa kursi roda dari Tanah Air.

Baca juga: Pasarnya Potensial, Chevron-Caltex Perkuat Bisnis Pelumas Industri di Indonesia

“Jemaah haji Indonesia yang berusia lansia harus difasilitasi dengan baik, apalagi mereka adalah tamu istimewa yang telah menunggu lama untuk bisa beribadah haji di tahun ini. Hal inilah yang menjadi spirit BSI untuk terus menjadi sahabat finansial, sosial dan spiritual bagi masyarakat,” kata Anton dalam keterangan tertulis, Senin (3/5/2024).

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar mengatakan bahwa pihaknya siap memfasilitasi layanan jamaah haji Indonesia yang berusia lansia.

Nantinya layanan kursi roda ini akan dioptimalkan bagi jamaah yang membutuhkan agar bisa menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Mahendra Siregar Lantik 21 Kepala OJK Daerah, Simak Daftarnya

 

Di sisi lain, saat ini Kemenag juga menyediakan 11 posko kesehatan di Mekkah dan 6 posko kesehatan di Madinah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com