Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Sumsel, Palembang-Bengkulu Padam, PLN: Pemulihan secara Bertahap

Kompas.com - 05/06/2024, 14:04 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan sistem kelistrikan di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi, dan Bengkulu yang sudah mengalami pemadaman sejak kemarin.

Manager Komunikasi & TJSL PLN UID S2JB Iwan Arissetyadhi mengatakan, PLN bergerak cepat memulihkan gangguan kelistrikan yang terjadi pada jaringan transmisi di Sumatera bagian selatan secara bertahap.

"Saat ini seluruh gardu induk di Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu yang sebelumnya terdampak gangguan telah kembali bertegangan listrik," ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip, Rabu (5/6/2024).

Baca juga: Dirut PLN: Perlu Kolaborasi untuk Hadapi Tantangan Transisi Energi dan Perubahan Iklim

Iwan menuturkan, setelah gardu induk teratasi, secara bertahap, pernomalan pun terus dilanjutkan ke jaringan distribusi hingga ke pelanggan.

Melalui akun Instagram @pln_palembang, pihak PLN UID S2JB menyatakan hingga pukul 20.00 WIB kemarin, Selasa (4/6/2024), kondisi kelistrikan 2,5 juta pelanggan wilayah Sumsel, Jambi, dan Bengkulu sudah kembali normal.

Kondisi padamnya listrik di sebagian wilayah Pulau Sumatera itu diakibatkan adanya gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat. Gangguan terjadi pada pukul 11.00 WIB kemarin.

Sistem transmisi tersebut merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera.

Padamnya jaringan transmisi dengan beban tinggi itu menyebabkan pembangkit listrik ikut padam secara otomatis dan memerlukan waktu dalam penyalaan kembali, terutama PLTU.

Namun, dengan penanganan yang dilakukan PLN sejak kemarin sudah membuat aliran listrik sebagian pelanggan kembali menyala. Secara bertahap, penormalan pun dilanjutkan ke jaringan distribusi pelanggan lain yang masih terdampak padam.

"PLN menyampaikan permohonan maaf atas kondisi ini. PLN menerjunkan ratusan petugas yang terus bersiaga di lapangan dan juga di pusat kontrol untuk pemulihan seluruh sistem secepatnya," tulis PLN UID S2JB pada akun @pln_palembang.

Baca juga: PLN Perkuat Pasokan Listrik di Musi Rawas Utara Sumsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com