Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Sentral Eropa Diprediksi Pangkas Suku Bunga Pekan Depan, Pertama Sejak 2019

Kompas.com - 05/06/2024, 15:52 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Sentral Eropa (ECB) diperkirakan akan memangkas suku bunga untuk pertama kalinya sejak September 2019. Pemangkasan suku bunga diperkirakan bakal dilakukan pada minggu ini.

menandai akhir dari siklus kenaikan suku bunga tercepat yang dimulai setelah pandemi Covid-19. Siklus kenaikan ini sebelumnya dilakukan sebagai respons terhadap lonjakan inflasi yang signifikan.

Dikutip dari CNBC, Rabu (5/6/2024), keputusan ECB untuk memotong biaya pinjaman di zona Eropa ini telah menarik perhatian investor.

Baca juga: Bank Sentral Eropa Bakal Pangkas Suku Bunga, Apa Pertimbangannya?

Ilustrasi inflasi pangan.SHUTTERSTOCK/LIGHTSPRING Ilustrasi inflasi pangan.

Namun, fokus utama investor kini beralih pada langkah-langkah yang akan diambil setelah pemotongan suku bunga Juni ini oleh lembaga yang berpusat di Frankfurt, Jerman tersebut.

Tampaknya tidak ada keraguan mengenai kebijakan pemangkasan suku bunga pada 6 Juni 2024, meskipun ada kejutan kenaikan indeks harga konsumen harmonis (HICP) pada Mei 2024.

Yang memungkinkan ECB untuk berargumen bahwa pemangkasan ini konsisten dengan fungsi reaksinya, dengan pertanyaan yang tersisa adalah langkah apa yang akan diambil setelah Juni 2024.

Inflasi kawasan Uni Eropa pada Mei 2024 tercatat sedikit lebih tinggi dari yang diperkirakan dengan inflasi indeks harga konsumen (IHK) sebesar 2,6 persen dan inflasi inti sebesar 2,9 persen.

Baca juga: Efek Taylor Swift, Maskapai Penerbangan Catat Lonjakan Perjalanan Udara ke Eropa

Selain itu, pertumbuhan upah yang dinegosiasikan, yang diawasi ketat oleh ECB, kembali meningkat pada kuartal I 2024 menjadi 4,7 persen setelah mencapai 4,5 persen pada kuartal IV 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com