Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Bancassurance yang Tepat Bisa Bantu Generasi Muda Hadapi Tantangan Pengelolaan Keuangan

Kompas.com - 08/06/2024, 10:23 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini generasi muda dihadapkan pada beragam tantangan pengelolaan keuangan di tengah meningkatnya gaya hidup konsumerisme dan kurangnya kesadaran berinvestasi untuk masa pensiun. Asuransi melalui produk bancassurance, atau kerja sama dengan perbankan, dinilai jadi solusinya.

Chief Distribution Officer & Sharia Director Sun Life Indonesia, Danning Wikanti mengatakan, dengan produk asuransi yang tepat, generasi muda bisa memiliki perencanaan tujuan finansial yang lebih mapan sejak dini.

Serta, memiliki tujuan finansial lain seperti keperluan usaha, perencanaan biaya pendidikan, bahkan untuk memulai perencanaan warisan.

Untuk itu, Sun Life Indonesia menggandeng PT Bank CIMB Niaga dalam kerja sama bancassurance merilis produk produk asuransi terbaru, yakni X-Tra Proteksi Tepat. Produk ini dikhususkan bagi nasabah CIMB Niaga.

Baca juga: Bank Mandiri Lepas Semua Saham di AXA Insurance, tapi Tetap Kerja Sama Bancassurance

Daning mengatakan, sebagai produk perlindungan, asuransi X-Tra Proteksi Tepat juga membantu keluarga Indonesia agar tetap terjaga dalam situasi yang tidak terduga.

"Produk ini menawarkan berbagai keunggulan, mulai dari proteksi yang terjangkau, pembayaran premi singkat selama 5 tahun dengan pelindungan maksimal hingga 20 tahun, serta fleksibilitas melalui dua pilihan plan pelindungan," kata Daning melalui keterangan pers, Jumat (7/6/2024).

Salah satu plan perlindungannya membantu perencanaan dana pensiun dan finansial jangka menengah seperti membeli rumah, biaya pendidikan, modal usaha, dengan manfaat meninggal dunia hingga 9,5 kali premi tahunan dan manfaat akhir kontrak hingga 190 persen total premi yang dibayarkan.

Baca juga: Bisnis Bancassurance Syariah Diprediksi Makin Prospektif

Head of Preferred, Wealth and Insurance Business CIMB Niaga, Ariteguh Arief menambahkan, hadirnya produk asuransi X-Tra Proteksi Tepat menjadi wujud dari kemitraan bancassurance yang berkelanjutan.

"Tidak ada yang lebih penting bagi kami di CIMB Niaga selain memastikan kesejahteraan finansial nasabah," katanya.

Menurut dia, asuransi X-Tra Proteksi Tepat akan memberikan perlindungan finansial yang penting bagi para nasabah CIMB Niaga #YangUtama.

Baca juga: OJK Rilis Aturan Soal Produk Asuransi dan Saluran Pemasaran, Simak Poin-poinnya

Pasar bancassurance di Indonesia

Sebagai informasi, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat kanal distribusi bancassurance sepanjang 2022 masih mendominasi dengan perolehan premi sebesar Rp 87,80 triliun.

Kemudian sepanjang 2023, pendapatan premi kanal distribusi bancassurance tercatat sebesar Rp 77,13 triliun. Nilai tersebut turun 12,5 persen jika dibandingkan 2022.

Sementara untuk 2024, AAJI optimistis produk bancassurance bakal bertumbuh seiring dengan masih banyaknya perusahaan asuransi yang menjalin kerja sama dengan perbankan.

"Selain itu, potensi besar pasar asuransi jiwa di Indonesia juga masih menjadi peluang. Ditambah perusahaan asuransi terus berinovasi dan meningkatkan layanan melalui kanal bancassurance," kata Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu, dikutip dari Kontan, Jumat (19/4/2024).

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com