Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Dorong Investasi Melalui Ekonomi Digital

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) terus mendorong investasi di indonesia melalui teknologi digital dalam pengembangan ekonomi pariwisata di Indonesia.

Dukungan tersebut diwujudkan melalui kegiatan Regional Investment Forum (RIF) yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal, Senin (11/3/2019).

RIF diadakan untuk mempertemukan pemerintah dan pelaku usaha dengan lebih dari 500 partisipan yang terdiri atas perwakilan pemerintah pusat dan daerah, startup, investor, regulator, dan lembaga keuangan.

Menurut Deputi Gubernur BI Sugeng, pertumbuhan ekonomi perlu didorong peningkatan produktivitas. Caranya antara lain dengan menggenjot inovasi dan teknologi.

Untuk itu, papar Sugeng, dalam mengoptimalisasi perkembangan sumber pertumbuhan ekonomi baru, Indonesia perlu mensinergikan potensi ekonomi digital dan pengembangan pariwisata.

"Pengembangan pariwisata merupakan quickwin dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan cadangan devisa," kata Sugeng.

Selain itu, pengembangan ekonomi digital diharapkan dapat meningkatkan produktivitas melalui inovasi dan teknologi.

Menurut Sugeng, pendekatan yang ditempuh BI dalam menghadapi perkembangan ekonomi digital adalah menjaga keseimbangan antara upaya menggali inovasi dan menjaga stabilitas.

BI akan mendorong promosi inovasi dalam ekonomi digital, menyediakan ekosistem yang mendukung pengembangan ekonomi digital, dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui ekonomi digital.

BI juga akan mendorong stabilitas ekonomi tetap terjaga, mencegah tindak Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT), dan mendorong perlindungan konsumen.

Ke depannya, imbuh Sugeng, BI akan mendukung langkah pemerintah dalam mendorong perluasan investasi di Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2019/03/11/170000526/bi-dorong-investasi-melalui-ekonomi-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke