Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dapat Hasil Buruk Saat Evaluasi Kerja? Coba Lakukan Hal Ini

Namun, jangan bereaksi dengan impulsif dan emosional, defensif atau mencoba untuk melawan berbagai argumen dalam penilaian tersebut.

"Apa yang ingin Anda lakukan justru akan memperburuknya," ujar seorang coach karier Marie McIntyre dan penulis buku "Secrets to Winning at Office Politics", seperti dikutip dari CNN, Senin (25/3/2019).

"Hal-hal yang akan membuatnya lebih baik, bukanlah sesuatu yang akan Anda sukai," lanjut dia.

Namun sebut dia, cara Anda dalam mengendalikan diri selama mendapatkan penilaian kerja yang negatif bisa memberikan dampak besar untuk memperbaiki karier.

Berikut langkah-langkah yang harus Anda ketika harus dihadapkan pada situasi tersebut:

1. Berhenti sejenak

Lawan perasaan untuk melakukan hal-hal kontroversial saat mendapatkan penilaian buruk.

"Jika Anda menjadi negatif dan emosional serta defensif, hal tersebut akan membuat penilaian Anda menjadi lebih sulit untuk diatasi," ujar Kate O'Sullivan, coach karier lainnya.

Meskipun lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, berusaha untuk bersikap tenang dan menerima umpan balik merupakan hal yang lebih bijak dibandingkan menjadi emosional.

"Kamu bisa memberi dirimu waktu untuk memikirkan apa yang dikatakan, tapi jangan panik di depan umum," ujar dia.

Selain itu, berdebat juga tidak akan membawa Anda ke manapun.

"Pada saat Anda mendapatkan ulasan atau peringatan buruk dari tempat kerja, artinya hasil penilaian tersebut adalah hasil dari berbagai kesepakatan," jelas MCIntyre.

2. Pastikan penilaian sudah Anda terima

Jika Anda memutuskan bersikap tenang dan tidak banyak bicara agar emosi Anda tak terlihat, Anda masih perlu menjelaskan dan memastikan Anda sudah mendengar penilaian tersebut.

Untuk memasikan bahwa Anda memahami umpan balik yang diberikan oleh perusahaan, katakan hal-hal yang bersifat memberi penjelasan terkait apa yang membuat kinerja Anda memburuk dan menerima dengan baik penilaian tersebut.

3. Buat rencana

Setelah masalah berhasil diidentifikasi, buat rencana bagaiaman agar keadaan bisa membaik.

Setelah Anda membuat rencana, buatlah pertemuan dengan atasan Anda untuk meninjau dan mendapatkan umpan balik. Tetapkan tujuan yang masuk akal, terukur dan disepakati bersama.

Jangan biarkan evaluasi kinerja Anda berlalu begitu saja selama enam bulan, mintalah penilaian yang lebih teratur untuk bisa mengukur sampai mana kemajuan dari perbaikan kinerja Anda.

Selain itu, buatlah daftar prioritas perbaikan yang harus Anda lakukan dan pastikan atasan Anda menyetujui hal tersebut, sehingga bekerja bukan hanya soal waktu bekerja dalam sehari, tetapi juga tingkat kesuksesan dalam daftar prioritas yang Anda buat.

4. Berbagilah dengan yang lain

Ketika merasa benar-benar terpukul dengan ulasan negatif yang didapat, berbicaralah dengan teman yang bisa mengenali pekerjaan Anda. Jangan hanya bergosip soal masalah tersebut, tapi mintalah teman Anda memberikan pendapat yang jujur.

Jika Anda belum memiliki teman yang bisa menemani di situasi-situasi tersebut, carilah mentor yang bisa membantu dalam menentukan langkah ke depan dan memberikan umpan balik serta bimbingan karier.

5. Ubah evaluasi tersebut menjadi keuntungan Anda

Cara Anda dalam menanggapi penilaian negatif bisa berdampak besar terhadap citra Anda di perusahaan.

"Bagaimana Anda mengatasi kesulitan tersebut, apakah Anda cukup tangguh sehingga bisa menjadi lebih fokus, akan membuat Anda memiliki persona yang lebih baik dibanding tidak pernah memiliki masalah," ujar O'Sullivan.

https://money.kompas.com/read/2019/03/25/075400326/dapat-hasil-buruk-saat-evaluasi-kerja-coba-lakukan-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke