Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BPN: Kesenjangan Sosial Hanya Bisa Dikurangi Jika Pemerintahnya Punya Uang

Tim Ekonomi BPN, Anthony Budiawan mengatakan, salah satu cara mengentaskan kemiskinan adalah menggenjot pendapatan negara.

“Kesenjangan sosial hanya bisa dikurangi kalau pemerintah mempunyai uang, sehingga ada yang namanya istilah ekonominya transfer payment,” ujar Anthony di Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Menurut Anthony transfer payment bisa ditingkatkan melalui penerimaan pajak. Saat ini kata dia, rasio pajak Indonesia masih kecil.

Atas dasar itu, jika Prabowo-Sandiaga menang akan meningkatkan rasio pajak menjadi 16 persen.

“Kalau Prabowo mengatakan kita akan increase sampai 15 persen sampai 16 persen. Itu baru kita bisa. Sekarang 2 persen saja naik itu kurang lebih ekuivalen dengan Rp 300 triliun,” kata Anthony.

Anthony menjelaskan, jika pendapatan pemerintah besar, nantinya akan dialokasikan untuk perbaikan pendidikan, kesehatan dan transportasi.

“Masyarakat golongan bawah di bantu sekolahnya, transportasi dan sebagainya ya. Di sini ada yang sedikit yang dikatakan pakai kartu-kartu tadi tidak memadai karena tax ratio kita di bawah 10 persen," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2019/04/10/223800126/bpn--kesenjangan-sosial-hanya-bisa-dikurangi-jika-pemerintahnya-punya-uang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke