Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gantikan Lagarde, Kristalina Georgieva Jadi Bos Baru IMF

Georgieva merupakan seorang pimpinan eksekutif di Bank Dunia. Dia menjadi orang pertama dari negara berkembang yang memimpin IMF.

Wanita ini menjadi nominasi satu-satunya dalam proses pemilihan Direktur Pelaksana IMF. Georgieva akan menjabat dalam 5 tahun ke depan, dimulai pada 1 Oktober 2019.

"Saya adalah seseorang yang percaya bahwa untuk membantu stabilitas sistem ekonomi dan keuangan global perlu adanya kerjasama internasional," ujar Georgieva setelah dipilih sebagai pimpinan IMF seperti dikutip dari BBC, Kamis (26/9/2019).

Dia pun menambahkan, berada di puncak kepemimpinan IMF merupakan sebuah tanggung jawab yang besar, terutama di tengah perekonomian global yang terus melemah, tensi perdagangan meningkat, dan tingkat utang berada di level yang sagat tinggi secara historis.

Georgieva mengatakan, tujuan jangka panjang IMF adalah untuk mendukung kondisi keuangan, fiskal an kebijakan-kebijakan struktural untuk membangun perekonomian yang lebi kuat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Artinya juga harus berhadapan dengan isu ketidaksetaraan, risiko iklim dan perubahan teknologi yang pesat. Tujuan saya adalah untuk memperkuat IMF dengan membuatnya memiliki pandangan yang lebih jauh terhadap kebutuhan anggotanya," ucapnya.


Georgieva merupakan anak dari seorang insinyur teknik sipil ini berlatar pendidikan ekonomi politik dan sosiologi di Karl Marx Higher Institue of Economics di Sofia ketika Bulgaria masih berada di bawah kepemimpinan rezim komunis.

Setelah lulus pada 1976, untuk pertama kalinya Georgieva merasakan kehidupan di negara kapitalis seiring dengan studinya di London School of Economics.

Sejak saat itu, dirinya membangun jenjang karir yang kuat di Bank Dunia dan Komisi Eropa, serta menjabat berbagai peran senior di kedua institusi tersebut.

Georgieva sempat menjadi seorang komisioner yang bertanggung jawab atas budgeting di Uni Eropa sebelum akhirnya masuk ke institusi Bank Dunia di Januari 2017.

Sebagai informasi sejak didirikan pada 1945, pimpinan IMF selalu berasal dari Eropa.

Selain itu, terdapat batasan usia untuk pimpinan lembaga keuangan dunia itu, yakni 65 tahun.  Namun atas desakan Perancis, IMF akhirnya melonggarkan aturan tersebut. Sehingga Georgieva yang telah berumur 66 tahun pun bisa melamar jadi pimpinan lembaga itu.

https://money.kompas.com/read/2019/09/26/070733826/gantikan-lagarde-kristalina-georgieva-jadi-bos-baru-imf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke