Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenkop Berencana Permudah UMKM Mitra Gojek Dapatkan KUR

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Koperasi dan UKM berencana memfasilitasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menangah (UMKM) mitra Gojek.

Rencana itu disampaikan usai beberapa petinggi Gojek menyambangi Kantor Kemenkop UKM pada hari ini, Selasa (29/10/2019).

“Paling tidak mereka punya data, siapa UMKM-UMKM yang sudah punya bisnis yang bisa dibiayai (oleh KUR). Kami coba kerja sama. Tetapi itu masih dalam pembicaraan,” kata Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit kepada wartawan.

Di tempat yang sama, Chief Policy and Government Relations Gojek Dyan Shinto E Nugroho mengharapkan, para UMKM mitra Gojek bisa lebih cepat mendapatkan KUR dari perbankan. Sebab selama ini kata dia, penyeluran KUR agak lambat. 

Gojek menyadari, penyaluran KUR yang cepat perlu ada kerja sama dengan perbankan. Sebab Gojek bukanlah lembaga keuangan penyalur kredit. Oleh karena itu Ia berharap pemerintah bisa memfasilitasi hal tersebut.

“Jadi harus kerja sama denan lembaga keuangan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk membantu memfasilitasi agar pengguliran KUR bisa lebih cepat. Selama ini sudah ada tapi mungkin lambat ya,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memanggil Gojek ke Kantor Kemenkop dan UKM. Teten ingin para UMKM Indonesia bisa cepat go digital sehingga bisa segera naik kelas.

https://money.kompas.com/read/2019/10/29/200000126/kemenkop-berencana-permudah-umkm-mitra-gojek-dapatkan-kur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke