Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modalku Telah Salurkan Pembiayaan Rp 10 Triliun di Asia Tenggara

JAKARTA, KOMPAS.com - Fintech peer to peer lending, Modalku telah menyalurkan pinjaman modal usaha sebesar Rp 10 triliun bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, Malaysia, dan Singapura sejak didirikan.

Angka penyaluran tersebut meningkat lebih dari 3 kali lipat dari pencapaian di bulan November 2018. Selain jumlah penyaluran, Modalku juga mengutamakan perluasan jangkauan UMKM yang bisa mendapatkan pinjaman.

Modalku telah menyalurkan dana ke lebih dari 1,1 juta jumlah transaksi pinjaman UMKM, meningkat 40 kali lipat. Pada tahun sebelumnya penyaluran dana diberikan ke 25.000 pinjaman UMKM.

"Modalku akan terus melakukan inovasi untuk menjangkau lebih banyak UMKM yang belum tersentuh dan layak mendapatkan kesempatan untuk berkembang," kata CEO dan Co-founder Modalku Reynold Wijaya dalam keterangan pers, Kamis (15/11/2019).

Dalam meningkatkan inklusi keuangan, imbuh Reynold, Modalku bekerja sama dengan beberapa platform digital, seperti e-commerce untuk menjangkau lebih banyak UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pencapaian ini juga didukung oleh para pemberi pinjaman Modalku yang sudah aktif menyalurkan dananya ke UMKM yang terdaftar di Modalku. 

Sampai saat ini jumlah pemberi pinjaman yang terdaftar di Modalku sekitar 150.000 akun yang terdiri dari individu dan institusi. Pemberi pinjaman individu dari kalangan milenial masih mendominasi profil pemberi pinjaman di Modalku.

Sebelumnya, Modalku telah mendapatkan izin usaha dari OJK sebagai bentuk kepercayaan pemerintah dan publik terhadap kredibilitas bisnis Modalku. Dengan demikian, pengakuan ini melengkapi izin usaha dari regulator keuangan yang dikantongi perusahaan di masing-masing negara operasionalnya. 

Modalku menyediakan layanan peer to peer lending, di mana peminjam (UMKM yang layak kredit) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pemberi pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital.

Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia di bawah nama Funding Societies.

https://money.kompas.com/read/2019/11/15/064000426/modalku-telah-salurkan-pembiayaan-rp-10-triliun-di-asia-tenggara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke