Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangun Terminal 4 Bandara Soetta, AP II Butuh Rp 12 Triliun

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin memperkirakan dana untuk membangun terminal yang merupakan permintaan Presiden Joko Widodo ini bisa mencapai Rp 12 triliun.

"Kami perkirakan dananya sekitar Rp 11 triliun sampai Rp 12 triliun. Dan memang kami juga tidak berasumsi melakukan self investment atau self financing.  Tentu ada pola yang kami coba terobos dengan bisnis model baru," kata dia di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Menurut dia, nantinya ada tiga tahapan desain, yaitu konseptual, basic design, dan engineering design.

Setelah itu baru masuk ke tahap konstruksi.

Selain pembangunan terminal sebut Awaluddin, pihaknya juga mulai memikirkan kerja sama pembangunan layanan kargo.

Menurut dia, layanan kargo domestik maupun internasional masih terbatas sehingga nanti pada terminal baru tersebut akan dibangun layanan kargo.

"Kargo itu adalah freighter langsung yang bawa. Karena freighter masih terbatas yang datang ke kita jadi itu yang akan kita tambah," ujarnya.

Dia mengatakan, suda ada investor yang tertarik layanan kargo ini. Namun, dia tidak menyebut detail nama para investor itu.

"Sudah beberapa mulai masuk Indonesia juga sudah dilirik cukup menarik, termasuk juga kargo untuk e-commerce untuk jangka panjang. Mudah-mudahan ini masih bisa bertahan walaupun di tengah isu corona," katanya.

Namun, pembangunan kargo masih difokuskan pada tahun 2021 mendatang.

"Untuk kargo mungkin baru kita geser ke tahun depan karena prioritas kita lebih ke Terminal 4 dulu sekarang. Tapi secara penyiapan sudah kita tentukan untuk pengembangan bisnis kargo," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2020/03/04/220939026/bangun-terminal-4-bandara-soetta-ap-ii-butuh-rp-12-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke