Salin Artikel

Sempat Negatif, Harga Minyak Dunia Berhasil Bangkit

Harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) kontrak pengiriman Mei 2020 yang sempat berada di level negatif pada perdagangan Senin (20/4/2020), berhasil menguat 22 persen ke level 14,13 dollar AS per barel.

Sementara itu, meski sempat anjlok 17 persen ke level teredah sejak 1999, minyak jenis Brent berhasil ditutup menguat 8 persen ke level 20,83 dollar AS per barel.

Harga minyak dunia masih dibayang-bayangi ketidakpastian akibat semakin menipisnya kapasitas stok penyimpanan, di tengah melemahnya permintaan selama pandemi virus corona (Covid-19).

Meskipun Organisasi Negara Pengekspor Minyak bersama mitra atau OPEC+ sepakat untuk mulai memangkasa produksi minyak pada tanggal 1 Mei 2020, langkah tersebut dinilai masih belum akan efektif mendongkrak harga di pasar global.

"Harga minyak baru akan bisa bangkit seiring dengan permintaan yang juga naik, namun hal itu belum akan terjadi dalam waktu dekat," ujar Head of Research London Capital Group, Jasper Lawler, dikutip dari CNN, Kamis (23/4/2020).

Harga minyak dunia yang sempat anjlok ke level negatif atau di bawah 0 dollar AS per barel menimbulkan kekhawatiran berbagai negara, khususnya yang tergabung dalam OPEC+.

Hal tersebut terbukti dengan diadakannya pertemuan virtual anggota OPEC+ pada Selasa (21/4/2020).

"Kepanikan bukan hanya dirasakan oleh pelaku pasar, tetapi juga anggota OPEC+," ujar Head of Commodity Comerzbank, Eugen Weinberg.

https://money.kompas.com/read/2020/04/23/054200026/sempat-negatif-harga-minyak-dunia-berhasil-bangkit

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.