Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BRI dan Telkom Kolaborasi Tingkatkan Layanan Satelit

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melakukan kerja sama dalam meningkatkan layanan teknologi berbasis satelit.

Kolaborasi itu ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Direktur Utama BRI Sunarso dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah di Jakarta, Kamis (30/07/2020).

Penandatanganan MoU juga disaksikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) Erick Thohir dan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo.

“Kementerian BUMN terus mendorong agar sesama BUMN saling mendukung dalam menciptakan nilai tambah bagi setiap perusahaan BUMN agar dapat memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan seluruh masyarakat Indonesia," ujar Erick dalam keterangan tertulis, Kamis (30/7/2020).

Secara umum MoU tersebut jadi landasan kedua BUMN untuk kerja sama, mencakup pemanfaatan yang saling menguntungkan. Baik itu secara sewa, atau model bisnis lainnya atas kapasitas-kapasitas satelit yang dimiliki dan dioperasikan oleh Telkom Group.

Selain itu, juga dalam perencanaan pengembangan bisnis, desain, dan implementasi layanan berbasis satelit serta pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi untuk pengembangan karyawan di bidang satelit. Tak menutup kemungkinan untuk lakukan kerja sama lainnya.

BRI sebagai bank pelat merah dengan aset terbesar di Indonesia berencana untuk terus meningkatkan layanan kepada para stakeholder dengan memperkuat infrastruktur di bidang teknologi informasi sebagai business enabler, khususnya dalam hal pemanfaatan teknologi satelit.

Di sisi lain, Telkom sebagai BUMN terbesar bidang telekomunikasi digital di Indonesia, berupaya mewujudkan harapan Kementerian BUMN dalam hal penguatan digitalisasi BUMN.

Dalam bisnis satelit, BRI merupakan satu-satunya bank yang mengoperasikan satelit di Indonesia, sedangkan Telkom dikenal sebagai penyedia layanan satelit terbesar di Asia Tenggara.

"Kerja sama dengan Telkom merupakan langkah strategis bagi BRI guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional, sehingga pelanggan dan masyarakat dapat merasakan peningkatan kualitas layanan BRI," ujar Sunarso.

Sementara Ririek mengatakan, Telkom berkomitmen untuk mendorong peningkatan keunggulan operasional BUMN, salah satunya dengan kolaborasi pemanfaatan potensi layanan teknologi berbasis satelit.

Kolaborasi itu baik dalam tahap perencanaan, desain, produksi, maupun implementasinya dengan prinsip yang saling menguntungkan.

"Dengan kapabilitas dan kompetensi di bidang satelit yang dimiliki serta pengalaman operasionalisasi selama ini, kami siap untuk mendukung peningkatan kualitas dan kapabilitas layanan BRI demi memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia,” ujar Ririek.

https://money.kompas.com/read/2020/07/30/190800826/bri-dan-telkom-kolaborasi-tingkatkan-layanan-satelit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke