Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub: Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Patimban Punya Pasar Berbeda

Namun, sejumlah pihak mengkhawatirkan pelabuhan yang ditargetkan mulai beroperasi secara terbatas pada Desember mendatang itu akan mengambil konsumen dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Pasalnya, Pelabuhan Patimban tidak hanya difokuskan kepada pengembangan satu jenis terminal saja. Pelabuhan yang akan memakan investasi Rp 43,2 triliun itu akan memiliki terminal otomotif dan juga peti kemas.

Namun, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menilai, keberadaan Pelabuhan Patimban bukan untuk menyaingi Pelabuhan Tanjung Priok, melainkan saling melengkapi.

"Kita kembangkan (Pelabuhan Patimban) untuk melengkapi keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok," katanya dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (27/11/2020).

Lebih lanjut Budi menjekaslakan, pangsa pasar kedua pelabuhan akan dibagi.

Pelabuhan Tanjung Priok akan melayani ndustri di kawasan Bekasi bagian barat, Tangerang, dan Bogor. Lalu, Pelabuhan Patimban melayani kawasan industri sekitar Karawang, Cirebon, hingga Batang.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu berharap, dengan hadirnya Pelabuhan Patimban dapat mengatasi permasalahan penuhnya kapasitas di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Sehingga saling mengisi antara Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Patimban," ucap Budi.

Sebelumnya Direktur National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi menyoroti pembagian pangsa pasar antara Pelabuhan Patimban dengan Pelabuhan Tanjung Prioko.

Siswanto meyakini, Pelabuhan Patimban akan mengambil pasar yang selama ini telah dilayani oleh Pelabuhan Tanjung Priok.

Pasalnya, sebagian besar kawasan industri berada di wilayah Provinsi Jawa Barat, yang lebih dekat dengan Pelabuhan Patimban.

“Pasarnya Patimban mana? Ya Tanjung Priok. Itu kan yang akan dilahap dia. Kalau Patimban punya pasar sendiri tidak masalah. Tapi ini pasarnya tumpang tindih,” tuturnya kepada Kompas.com.

https://money.kompas.com/read/2020/11/27/162216526/menhub-pelabuhan-tanjung-priok-dan-pelabuhan-patimban-punya-pasar-berbeda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke