Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update Lokasi Tes GeNose C19 untuk Naik Kereta Api di 65 Stasiun

Dengan tambahan tersebut, kini total lokasi tes GeNose C19 untuk naik kereta api tersedia di 65 stasiun mulai 21 Juni 2021.

Adapun 2 stasiun yang baru saja membuka layanan tes GeNose C19 yaitu Stasiun Cilacap di Daop 5 Purwokerto dan Stasiun Mambang Muda di Divre 1 Sumatera Utara. Penambahan tersebut merupakan Sinergi BUMN antara KAI dan Indofarma melalui anak usahanya Farmalab.

“KAI berkomitmen untuk terus menambah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Hal ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan Kereta Api Jarak Jauh pada masa pandemi Covid-19,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan resminya, Senin (21/6/2021).

Berikut daftar lokasi tes GeNose C19 di stasiun selengkapnya:

Tarif dan tata cara tes GeNose C19

Sejak resmi dibuka pada 5 Februari 2021 hingga 20 Juni 2021, KAI telah melayani 1,8 juta peserta pemeriksaan GeNose C19 di stasiun. Untuk bisa mendapatkan layanan tes GeNose C19, PT KAI mematok tarif seharga Rp 30.000 

Joni menjelaskan, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas.

Selain itu, calon penumpang juga tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Pelanggan disarankan untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19 pada H-1 atau tidak terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan kereta api untuk menghindari potensi antrean dan kepadatan pada lokasi pemeriksaan di stasiun.

Syarat bepergian naik kereta api terbaru

Joni menegaskan, pada masa pandemi Covid-19, KAI terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan terus akan meningkatkan pengawasan penerapannya.

Salah satunya dengan memeriksa secara teliti surat keterangan bebas Covid-19 pelanggan KA jarak jauh, baik berupa pemeriksaan GeNose C19, RT-PCR maupun Rapid Test Antigen.

Sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 35 Tahun 2021, masa berlaku hasil pemeriksaan GeNose C19 adalah maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Sementara itu, masa berlaku berbeda diterapkan pada metode tes lainnya yakni untuk tes RT-PCR dan Rapid Test Antigen berlaku selama 3x24 jam.

Joni bilang, KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggannya agar di masa pandemi sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"KAI juga akan melakukan pengawasan dengan ketat terhadap penerapan protokol kesehatan baik di stasiun maupun selama dalam perjalanan dengan tujuan untuk menghentikan penyebaran Covid-19 di kereta api,” tutup Joni.

https://money.kompas.com/read/2021/06/21/130024426/update-lokasi-tes-genose-c19-untuk-naik-kereta-api-di-65-stasiun

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+