Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag Janji Impor Alkes dan Tabung Oksigen Tak Terkendala Birokrasi di Pelabuhan

“Kita bisa mengerti bahwa dimamika terjadi, distribusi alat kesehatan dan obat akan menjadi prioritas kita terutama dalam PPKM darurat ini memastikan semua yang ada didistribusikan dengan baik kepada masyarakat,” kata Lutfi secara virtual, Senin (5/7/2021).

Untuk menjamin kelancaran impor tersebut pihaknya memasukkan alkes pada daftar barang yang menjadi prioritas untuk dipermudah di pelabuhan. Hal ini dilakukan berdasarkan kordinasi yang sudah dilakukan BPOM, Kemenkes, Kemendag dan isntitusi tekait lainnya.

Kemudahan impor juga mencakup tabung oksigen yang saat ini banyak diperlukan oleh pasien-pasien Covid-19.

“Jadi oksigen itu adalah bagian yang memang dimintakan oleh BNPB untuk produk yang memang dipastikan tidak ada halangan ketika masuk di wilayah Indonesia. Jadi saya bisa pastikan oksigen ini sudah mask ke dalam listnya, mudah-mudahan tidak ada permasalahan untuk pengadaan terutama di batas negara,” tegas Lutfi.

Lutfi menambahkan, BNPB telah meminta beberapa barang impor kesehatan termasuk alat kesehatan untuk dipermudah prosesnya masuknya di pelabuhan Indonesia. Impor yang dilakukan dari Taiwan misalnya, hingga saat ini dikatakan Lutfi tidak mengalami masalah.

“Di Taiwan bahkan sudah jalan. Jadi kemendag memastikan seluruh barang yang masuk dalam list yang diminta BNPB dimintakan BNPB dari setahun yang lalu, masuk ke batas negara tidak ada hambatan apapun,” kata dia.

https://money.kompas.com/read/2021/07/05/173617326/mendag-janji-impor-alkes-dan-tabung-oksigen-tak-terkendala-birokrasi-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke