Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BPN Resmi Dibentuk, Ini Kesiapan Bulog

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menjelaskan kesiapan Bulog terkait pembentukan Badan Pangan Nasional (BPN).

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membentuk Badan Pangan Nasional melalui Perpres Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional yang sudah diteken pada 29 Juli 2021.

Pria yang akrab dipanggil Buwas itu mengatakan, ada 3 peraturan yang saling berkaitan dengan kebijakan pangan nasional, yaitu UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan, Perpres Nomor 48 Tahun 2016 tentang Penugasan Pada Perum Bulog dan Perpres Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional.

"Secara garis besar kebijakan pangan khususnya oleh BPN dan dilaksanakan oleh Bulog," ujar Buwas dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR, Senin (30/8/2021).

Menurut Buwas, nantinya ada beberapa penugasan pangan yang akan dilakukan oleh Bulog mulai dari pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) hingga pengembangan sistem informasi pangan terpadu.

"Sesuai Perpres 66 ada 9 jenis pangan yang dikelola oleh BPN. Sebagai kebijakan pangan, Bulog telah siap menerima penugasan dari badan pangan nasional yaitu pertama untuk pengelolaan cabang pangan pemerintah, ketersediaan stabilisasi pasokan dan harga pangan, konsumsi pangan dan keamanan pangan, penugasan untuk pengembangan sistem informasi pangan terpadu dan terintegrasinya dari hulu ke hilir sebagai alat monitoring dan dasar kebijakan keputusan terkait pengelolaan pangan," jelas dia.

Buwas menambahkan, sebagai persiapan atas dibentuknya BPN, pihaknya akan melakukan kajian 9 pangan pokok dengan basis kajian 12 komoditas.

"Kami telah menginisiasi kajian 9 bahan serta meningkatkan kompetensi karyawan Bulog agar relevan. Dalam pelaksanaan tugas BPN, Bulog akan bersinergi dengan BUMN bidang pangan, kolaborasi dengan pelaku pasar domestik pada pangan pokok tertentu dan kerjasama dengan pelaku pasar internasional," kata Buwas.

https://money.kompas.com/read/2021/08/30/131220926/bpn-resmi-dibentuk-ini-kesiapan-bulog

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke