Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos OJK Beberkan Dampak Perang Rusia dengan Ukraina ke Sektor Keuangan RI

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, di sektor jasa keuangan, konflik antara Rusia dan Ukraina berdampak kepada kepercayaan investor.

Di tengah ketidakpastian ekonomi global imbas dari perang Rusia dan Ukraina, berbagai negara berkembang atau emerging market akan mengalami aliran modal asing keluar atau capital outflown.

Pasalnya, investor akan memilih untuk mengalihkan dananya dari negara emerging market ke negara maju yang relatif lebih stabil kondisi pasarnya.

"Itu yang kita sebut negara-negara safe haven countries, sehingga banyak sekali merelokasi investasinya ke sana," ujar dia, dalam acara Power Lunch CNBC Indonesia, Senin (7/3/2022).

Indonesia redam dampak perang Rusia-Ukraina

Meskipun demikian, Wimboh bilang, Indonesia memiliki modal yang kuat untuk meredam dampak dari potensi capital outflow tersebut, salah satunya melalui cadangan devisa (cadev) yang tercatat masih tinggi.

Data terakhir Bank Indonesia (BI) menunjukkan, pada Januari 2022 posisi cadev RI sebesar 141,3 miliar dollar AS,  menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Desember 2021 sebesar 144,9 miliar dollar AS.

Pada saat bersamaan, kondisi likuiditas perbankan dinilai masih cukup untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan, didukung oleh pertumbuhan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) yang tinggi.

"Jadi kita memiliki buffer yang cukup tentang likuiditas dan juga ekonomi kita dalam konteks fundamentalnya kuat," ujar Wimboh.


Kenaikan harga komoditas dan energi

Namun demikian, Wimboh justru menyoroti dampak dari perang Rusia dan Ukraina terhadap kenaikan harga berbagai jenis komoditas.

Sebagaimana diketahui, konflik antara kedua negara itu telah berimbas kepada lonjakan harga komoditas energi dan pangan.

Baik komoditas energi seperti minyak mentah atau pangan seperti gandum bahkan telah mencatatkan rekor tertinggi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

"Sehingga kita tetap harus bagaimana memitigasi kaitannya dengan berbagai komoditas tadi. Mudah-mudahan ini tidak lama," ucap Wimboh.

https://money.kompas.com/read/2022/03/07/134409926/bos-ojk-beberkan-dampak-perang-rusia-dengan-ukraina-ke-sektor-keuangan-ri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke