Salin Artikel

Luhut: Saat Pelaksanaan G20, Bali Sudah Bebas dari Sampah

Hal itu disampaikan Luhut meninjau Tempat Pengolahan Sampah 3R (TPS3R) di Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur.

Luhut bilang, TPS3R ini bisa menjadi percontohan pengolahan sampah yang akan dibangun di beberapa provinsi lainnya seperti Bali dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Khususnya untuk di Bali sudah difinalisasi untuk menyelesaikan 3 TPST pada bulan Juli 2022, sehingga pada pelaksanaan G20 Bali sudah bebas dari sampah," kata dia melalui siaran pers, Minggu (20/3/2022).

Pemerintah kata dia, akan terus mendukung upaya mengurangi sampah di Indonesia, utamanya sampah yang pada akhirnya bermuara di laut.

"Hal utama yang dapat kita terapkan adalah disiplin untuk tidak membuang sampah sembarangan dan memilahnya, karena manfaatnya pada kebersihan Indonesia ke depan sangat luar biasa," ucap Luhut.

Selain itu, Luhut juga mengunjungi Pendopo Bupati Banyuwangi untuk melihat produk-produk UMKM sekaligus perhelatan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Dengan meningkatnya UMKM di daerah, tentu mendorong pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia, selain menambah lapangan pekerjaan juga meningkatkan belanja barang dalam negeri," tuturnya.

Luhut kembali menyampaikan bahwa pemerintah sebentar lagi akan meresmikan e-katalog yang berisikan barang-barang hasil produksi Indonesia untuk meningkatkan Peningkatan Pengunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).

Pemerintah kata Luhut, akan mendorong seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan badan usaha untuk memenuhi kebutuhan barangnya melalui pembelian pada e-katalog.

"Saya rasa ini adalah hal yang penting, karena dengan gerakan ini kita dapat memperkuat ekonomi kita dan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat," pungkas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/03/20/105247526/luhut-saat-pelaksanaan-g20-bali-sudah-bebas-dari-sampah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.