Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kementan Dinilai Mampu Kendalikan Inflasi Sektor Pertanian, Pengamat Ekonomi Berikan Apresiasi

KOMPAS.com - Pengamat Ekonomi Pertanian dari Universitas Andalas (Unand) Muhammad Makky memberikan apresiasi terhadap upaya pemerintah dalam mengendalikan tingkat inflasi selama pandemi Covid-19.

Utamanya upaya pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) yang dinilai mampu mengendalikan inflasi di sektor pertanian. Sektor ini meliputi produksi dan kesejahteraan petani sehingga mampu menjadi penopang ekonomi nasional.

"Ketersediaan dan ketahanan pangan adalah salah satu penopang inflasi Indonesia sehingga mampu bertahan dan terkendali dibawah 3 persen," ujar Makky dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (14/4/2022).

Untuk diketahui, Indonesia mampu mengendalikan inflasi di angka 2,64 persen. Nilai ini merupakan angka terendah dibandingkan dengan beberapa negara lain.

Adapun negara tersebut, di antaranya Turki berada di angka 61,14 persen, Argentina 52,3 persen, Rusia 16,7 persen, Brazil 11,3 persen, Belanda 9,7 persen, dan Amerika 7,9 persen.

"Amerika mengalami inflasi tertinggi dalam 40 tahun terakhir. Begitu juga Turki mengalami inflasi tertinggi dalam 20 tahun terakhir," kata Makky saat dihubungi, Rabu (13/4/2022).

Menurut Makky, tingginya inflasi di berbagai negara itu dipengaruhi adanya pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 yang memicu keterbatasan supply barang.

Di satu sisi ketika ekonomi mulai pulih, permintaan pasar jauh lebih tinggi dari ketersediaan barang sehingga harga-harga meroket tinggi.

"Kelangkaan komoditas ditambah konflik Rusia-Ukraina membuat harga komoditas energi melambung tinggi. Hal ini turut menaikan harga pangan hingga produk industri,” jelas Makky.

Meski demikian, lanjut dia, Indonesia saat ini masih bisa mempertahankan tingkat inflasi di bawah 3 persen.

Dengan tingkat inflasi rendah, Makky mengungkapkan, sektor pertanian sekali lagi menjadi penopang utama bagi perekonomian Indonesia.

Terlebih dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kata dia, sektor pertanian telah menunjukan kinerja terbaiknya.

"Sektor lain lesu tetapi sektor pertanian tumbuh dan tangguh. Saya kira momentum ini harus dijaga bersama agar Indonesia bisa terus pulih dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19," ujar Makky.

https://money.kompas.com/read/2022/04/14/205233326/kementan-dinilai-mampu-kendalikan-inflasi-sektor-pertanian-pengamat-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke