Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Carsome Luncurkan Lembaga Pelatihan Carsome Academy dan Beri Beasiswa, Seperti Apa?

Adapun kurikulum pelatihan ini menggabungkan pelatihan pendidikan serta keterampilan teknis dengan menerapkan rasio 70:30 dari pelatihan industri dan praktik teori secara hybrid.

Kepala Seksi Perizinan Lembaga, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Moh. Saeful Hasan mengatakan, pelatihan ini diharapkan menjadi solusi dalam menjawab isu ketenagakerjaan, mengingat tingginya kemampuan daya serap lapangan kerja sektor otomotif di Indonesia.

“Pemberian program upskilling dan reskilling bagi generasi muda calon tenaga kerja, khususnya tingkat umum atau vokasi, merupakan salah satu strategi utama untuk memberdayakan mereka guna menyukseskan implementasi industri 4.0,” kata Saeful dalam siaran pers Minggu (26/6/2022).

Saeful mengatakan, dalam dua tahun terakhir sektor ketenagakerjaan terdampak oleh pandemi Covid-19. Hal ini juga mempengaruhi capaian sasaran nasional, termasuk untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja.

“Oleh karena itu, kami menyambut baik hadirnya Carsome Academy yang telah mendukung agenda nasional dalam menyiapkan tenaga siap kerja melalui Diklat Kejuruan Teknis (TVET), khususnya di bidang inspeksi kendaraan,” jelas Saeful.

Sementara itu, Co-Founder Carsome dan CEO Carsome Academy, Jiun Ee Teoh, mengatakan, sebagai platform e-commerce mobil bekas, Carsome, berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri mobil bekas di Indonesia. Sehingga sangat penting untuk meningkatkan kompetensi SDM-nya.

“Komitmen ini kami wujudkan melalui Carsome Academy, dengan menciptakan tenaga kerja tersertifikasi serta terampil didukung tenaga ahli dengan pengalaman di tingkat regional dan global yang kami miliki,” ujar Jiun.


Pelatihan untuk lulusan SMA dan SMK

Sebagai informasi, Carsome Academy memberikan pelatihan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat berusia 18 tahun ke atas untuk menjadi inspektur kendaraan andal yang memiliki keterampilan bertaraf internasional untuk siap bersaing.


Lulusan Carsome Academy akan dibekali dengan pendidikan teknis selama tiga bulan melalui modul yang diberikan secara hybrid, serta enam bulan pelatihan praktik di Carsome.

Untuk mempersiapkan lulusan inspektur kendaraan yang siap bersaing di industri otomotif, para peserta program akan dibekali dengan teori dan pengalaman praktik berdasarkan standarisasi dan kualifikasi profesional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

“Kami juga mendukung terbentuknya tenaga kerja berketerampilan tinggi yang kompetitif untuk tenaga kerja yang siap pakai di industri guna mendorong kemajuan sektor otomotif tanah air,” ujar Andrew Mawikere, CEO Carsome Indonesia.

Dalam rangka peluncuran Carsome Academy di Indonesia, Carsome memberikan beasiswa kepada 30 orang pelajar. Carsome akan menyediakan opsi pendanaan melalui kerjasama dengan Edufund dan program beasiswa bagi pelajar pada angkatan berikutnya. Para pelajar akan dilatih oleh pengajar bersertifikat yang menerapkan program pelatihan berstandar internasional selama sembilan bulan. 

https://money.kompas.com/read/2022/06/26/163000826/carsome-luncurkan-lembaga-pelatihan-carsome-academy-dan-beri-beasiswa-seperti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke