Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semangat Dobujack Kenalkan Produk Lokal Bersama Shopee

KOMPAS.com – Industri fesyen di Indonesia terus berkembang dan memunculkan banyak tren berpakaian baru. Hal itu mendorong pelaku usaha untuk kreatif dan berinovasi dalam menghasilkan produk yang membantu pemakainya berekspresi.

Perubahan tren dari waktu ke waktu juga membuktikan bahwa pakaian tidak hanya berfungsi sebagai pelindung tubuh, tetapi juga penanda perkembangan zaman.

Hal tersebut mengilhami pendiri Doa Ibu Jadi Anak Cepat Kaya atau Dobujack, Delly Fitriansyah, untuk berbisnis di industri fesyen. Pada 2005, Delly memulai bisnis fesyen pakaian unisex dengan mengedepankan gaya kasual, simpel, nyaman, dan trendi.

“Produk Dobujack menyasar generasi muda yang memiliki spirit fashion petualang. Strategi penjualan kami diawali secara offline dengan menitipkan produk Dobujack ke distro-distro di daerah Bandung, Jawa Barat,” kata Delly kepada Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Meski sempat ragu, Delly terus berusaha dengan gigih sambil memahami lebih jauh potensi bisnisnya. Ia pun mulai memperluas distribusi Dobujack hingga ke 15 titik kota besar, seperti Jakarta, Yogyakarta, Tangerang, Bekasi, Makassar, dan Surabaya.

Berkat keberaniannya itu, Delly berhasil membuka gerai Dobujack pertama di Bogor pada 2008. Dilanjutkan dengan pembukaan gerai Dobujack di Bandung pada 2014 dan Bekasi pada 2017.

“Perjalanan kami tidak mulus. Banyak tantangan sering dihadapi, seperti ditipu rekan bisnis, barang hilang, pembayaran tertunda bertahun-tahun, dan pandemi Covid-19 pada 2020,” ujar Delly.

Berkat tekad yang kuat, Delly berhasil menemukan solusi dari kendala yang dihadapi. Ia juga berkomitmen untuk terus berkreasi dan berinovasi dengan melakukan riset secara berkala.

"Kami juga rutin melakukan quality control demi memenuhi kebutuhan konsumen akan produk fesyen lokal yang berkualitas dengan harga yang terjangkau," jelas Delly.

Inovasi Dobujack

Dengan semangat yang seakan tak pernah padam, Delly selalu aktif membawa Dobujack ke acara bazar teranyar yang diadakan setiap tahun. Menurut Delly, hal itu merupakan salah satu cara agar nama Dobujack semakin bersinar

“Dulu, Dobujack hanya membuat kaus. Kini, kami juga memproduksi berbagai kebutuhan fesyen lengkap, mulai dari jaket atau hoodie, celana, sepatu, topi, tas, dompet, hingga aksesori,” jelas Delly.

Dalam proses produksi, Delly selalu melibatkan para pelaku lokal, seperti ketika membeli bahan, tempat konveksi, penjahit, hingga dalam pengemasan. Artinya, Dobujack juga berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat.

“Karyawan Dobujack yang dulunya hanya empat orang, sekarang sudah mencapai 40 karyawan dan beberapa tenaga makloon,” imbuh Delly.

Perluas jangkauan produk di ranah digital

Sama seperti pelaku bisnis lainnya, Delly juga terkena imbas pandemi Covid-19 pada 2020. Berbagai event offline dan pameran yang direncanakan di 11 kota saat itu terpaksa dibatalkan karena peraturan lockdown. Delly juga harus menutup seluruh gerai Dobujack.

Namun, Delly tak mau pasrah saja dan segera menyusun ulang strategi penjualan dan beradaptasi. Salah satunya dengan memanfaatkan platform e-commerce demi menjaga keberlangsungan Dobujack yang sudah ia dirikan selama 17 tahun.

Ia pun memutuskan untuk masuk ke ranah penjualan online bersama Shopee. Setelah bergabung dengan Shopee, Dobujack semakin berkembang dan terus bertumbuh. 

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Shopee karena merasa amat terbantu dalam beradaptasi selama pandemi. Terlebih, Shopee juga memberikan wadah bagi kamu untuk meningkatkan skill and knowledge untuk menjadikan bisnis kami lebih baik melalui training dan seminar,” tutur Delly.

Bersama Shopee, Delly berupaya agar konsumen yang sudah memiliki antusias besar kepada Dobujack ikut berpartisipasi dalam kemeriahan kampanye 10.10 Brand Festival yang diadakan Selasa (10/10/2022).

Melalui kampanye itu, Delly menyiapkan berbagai persiapan untuk Dobujack seperti menjaga stock, manpower, dan berkolaborasi bersama key opinion leader (KOL) dan influencer.

“Program ini menjadi momentum bagi kami untuk meningkatkan eksposur melalui fitur-fitur yang ditawarkan Shopee. Kami berharap, pengguna dapat menikmati penawaran menarik dan pilihan produk kami melalui kampanye ini,” ujar Delly.

Delly mengakui bahwa Dobujack telah merasakan dampak positif dalam perluasan produk dan pertumbuhan penjualan tokonya berkat kampanye dari Shopee. Terbukti, koleksi Dobujack menjadi produk best seller dan masuk nominasi Shopee Super Award 2021 untuk kategori Super Favorite Local Brand.

“Penjualan kami mencapai 10.000 paket dalam sehari saat kampanye tanggal kembar. Dobujack juga meraih penjualan tertinggi urutan keempat dalam kategori Men Fashion, produk terlaris nomor satu di kategori Coach Jacket, dan masuk Top Ten produk terlaris kategori long sleeve, t-shirt, dan hoodie,” jelas Delly.

Melalui kampanye tersebut, Delly juga berharap, kehadiran Dobujack dapat menghidupi semakin banyak kepala keluarga seiring perkembangan perusahaan, mendorong kreativitas anak muda dalam berekspresi, serta mendorong perkembangan ekonomi Indonesia, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang fesyen.

Shopee 10.10 Brand Festival

Pengguna Shopee dapat menikmati rangkaian penawaran spesial dari Dobujack. Nikmati juga promo produk menarik seperti Serba 1.000, Serba 10.000, Serba 100.000, dan Exclusive Launching selama Shopee 10.10 Brand Festival berlangsung.

Pastikan fitur Ingatkan Diskon dan Flash Sale Shopee sudah aktif. Saksikan konten-konten seru melalui Shopee LIVE pada acara puncak Shopee 10.10 Brand Festival dan dapatkan kesempatan Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) Semua Toko, Super Brand Day, dan Jumbo Cashback hingga Rp 4 juta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Shopee 10.10 Brand Festival, kunjungi tautan berikut. Jangan lupa unduh aplikasi Shopee di App Store dan Play Store untuk ikuti keseruannya!

https://money.kompas.com/read/2022/10/11/134600126/semangat-dobujack-kenalkan-produk-lokal-bersama-shopee

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+