Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cari Mitra Pengembang Bandara, Menhub Safari ke India dan Timur Tengah

Tujuan lawatan Menhub ke India dan Timur Tengah kali ini adalah untuk mengadakan pertemuan dengan sejumlah pihak.

Agenda pertemuan tersebut diselenggarakan dalam rangka menjajaki kerja sama peningkatan konektivitas laut dan udara, serta mencari mitra strategis untuk pengembangan bandara di Tanah Air.

“Kunjungan kami dalam rangka menjajaki peluang kerja sama di sektor transportasi, dalam rangka meningkatkan konektivitas penerbangan dan laut baik di dalam maupun luar negeri,” kata Budi Karya dalam keterangan resmi, Rabu (14/12/2022).

“Sekaligus mencari mitra strategis untuk pengembangan bandara dan pelabuhan di Indonesia,” sambung mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) tersebut.

Jadwal safari Menhub di luar negeri

Kunjungan kerja Menhub ke luar negeri kali ini setidaknya akan berlangsung selama 6 hari yang dimulai dari Kamis (15/12/2022) sampai dengan Selasa (20/12/2022).

Di India, Budi Karya akan bertemu dengan pimpinan perusahaan internasional di India yaitu Adani Group, yang juga menjadi pengelola Bandara Internasional Mumbai.

Selain itu, Menhub juga akan bertemu dengan pimpinan GMR Group, sebuah perusahaan multinasional yang berada di New Delhi.

GMR Group merupakan salah satu perusahaan yang menjadi pengelola Bandara Kualanamu, Medan berkonsorsium dengan Aeroports de Paris Group (ADP) asal Perancis.


Selanjutnya, di Arab Saudi, ia dijadwalkan bertemu dengan Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah, Menteri Transportasi dan Logistik Saleh Al-Jasser, dan direksi maskapai Saudi Arabia.

Kemudian di UAE, Budi Karya akan menemui CEO Dubai Port (DP) World Sultan Ahmed bin Sulayem, yang merupakan perusahaan logistik multinasional yang berada di Dubai. Selain itu, ia juga dijadwalkan akan bertemu dengan direksi maskapai Etihad.

Sedangkan di Qatar, dia diagendakan bertemu dengan Menteri Transportasi dan Komunikasi Qatar Jassim Saif Ahmed Al Sulaiti, direksi Qatar Airways, dan pimpinan Qatar Investment Authority, sebuah lembaga investasi terbesar di dunia yang berada di Doha.

Dalam lawatannya, Budi Karya didampingi Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristri Endah Murni, dan Dirut AP II Muhammad Awaluddin.

https://money.kompas.com/read/2022/12/14/170726826/cari-mitra-pengembang-bandara-menhub-safari-ke-india-dan-timur-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke