Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos BRI: Kredit Mikro Bunga 0 Persen Tak Rugikan Bank, Sumber Dana Nanti Kami Carikan

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan program ini tidak akan merugikan bank meskipun bank harus menyalurkan kredit dengan bunga 0 persen.

"Yang bunga 0 persen itu kita siap untuk mensupport tapi kemudian kan bank juga enggak akan dirugikan. Itu yang punya ide kan Pak Menteri BUMN," ujar Sunarso di Gedung Mina Bahari 3 Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Dia menjelaskan, bank tidak akan rugi karena akan mendapatkan sumber dana 0 persen untuk menyalurkan kredit mikro dengan bunga 0 persen.

Sebagai informasi, dalam menyalurkan kredit, bank akan menggunakan dana tabungan dari nasabah sehingga bank harus membayar bunga simpanan ke nasabah dengan cara mengenakan bunga kredit ke debitur.

Dengan adanya sumber dana dari pihak lain ini, maka bank tidak perlu mengembalikan dana kredit dengan bunga sehingga bank bisa memberikan kredit ke debitur dengan bunga 0 persen.

Namun Sunarso tidak menjelaskan lebih lanjut dari mana sumber dana kredit mikro bunga 0 persen itu berasal. "Nanti kita carikan," kata Sunarso.

Selain itu, dalam menyalurkan kredit, bank juga perlu mengeluarkan biaya operasional.

Sunarso bilang, dalam program kredit mikro bunga 0 persen ini, bank akan mendapatkan subsidi biaya operasional tersebut sehingga tidak akan mengalami kerugian.

"Jadi tetap memberikan kredit bunga 0 persen tapi tanpa merugikan bank. Karena apa? Sumber dananya dicarikan yang 0 persen, kemudian biaya penyalurannya dicarikan subsidi," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah berencana untuk memberikan bunga 0 persen untuk kredit untuk pelaku usaha mikro melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) seperti BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri.

Program ini diusulkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir agar dapat menekan bunga kredit UMKM lebih murah.


Erick mengatakan, nantinya Bank Indonesia (BI) akan memberikan dana murah ke bank Himbara agar mereka dapat memberikan kredit dengan bunga 0 persen ke pelaku usaha mikro.

"Jadi begini, di Komisi VI ditanyakan bagaimana cara menekan bunga UMKM lebih murah. Nah tentu apa yang sudah kita bicarakan dengan BI, bagaimana BI bisa memberikan dana murah ke Himbara dengan bunga 0 persen. Artinya, kalau BI memberikan bunga 0 persen ke Himbara, berarti kan bunga UMKM bisa turun beberapa persen. Itu yang kita dorong," ujarnya saat acara Economic Outlook 2023 di St. Regis Hotel Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Dia telah mengupayakan realisasi dari program ini dengan mengirim perwakilannya, yakni dua Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury dan Kartika Wirjoatmodjo untuk menemui BI. Kata Erick, respons BI terhadap usulan ini sangat positif.

"Ya sangat positif. Kan sudah bikin tim. Dari BI dikirim dua orang, saya kirim dua Wamen. Serius nih," ucapnya.

Sebelumnya dalam keterangan tertulis, Erick menyebutkan, pemberian bunga 0 persen untuk kredit mikro dapat segera terealisasi. Usulan ini juga telah mendapat lampu hijau dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas beberapa waktu lalu.

"Tinggal bagaimana sekarang kita mendorong hal ini menjadi kenyataan, jangan sampai kesannya yang besar dapat bunga jauh lebih murah dari yang mikro. Ini yang selalu kita coba seimbangkan," kata Erick.

https://money.kompas.com/read/2023/03/06/140629826/bos-bri-kredit-mikro-bunga-0-persen-tak-rugikan-bank-sumber-dana-nanti-kami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke