Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani Tunjuk Eks Petinggi KPK jadi Ketua Komisi Pengawas Perpajakan

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 110/KMK.01/2023, tentang pengangkatan ketua, wakil ketua, dan anggota komite pengawas perpajakan untuk masa kerja 2023-2026.

"Anda semuanya Saya minta, baik yang dilantik atau yang hadir, untuk sekali lagi menegaskan kembali membangun kepercayaan publik bagi instansi Kementerian Keuangan," ujar Sri Mulyani, dalam sambutannya, Jumat (17/3/2023).

Amien Sunaryadi akan menggantikan Mardiasmo, yang merupakan mantan wakil menteri keuangan. Kemudian untuk posisi Wakil Ketua Kowasjak dijabat oleh mantan Dirjen Pajak Robert Pakpahan.

Mantan bos KPK dan pegiat antikorupsi

Sebagai informasi, Amien merupakan Wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2003-2007. Ia dikenal sebagai tokoh anti korupsi yang memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif.

Setelah itu, Amien masih berkecimpung dalam giat anti korupsi sebagai Senior Governance and Anti-Corruption Officer di World Bank Indonesia. Pada 2012, Amien pun sempat bergabung dengan Ernst & Young Indonesia di divisi Fraud Investigation & Dispute Services (FIDS) sebagai Partner.

Dalam kepemimpinannya di Komwasjak, Amien akan didampingi oleh aktivis anti korupsi, Zainal Arifin Mochtar.

Adapun daftar lengkap pejabat Komwasjak 2023-2026 adalah sebagai berikut:

Ketua merangkap anggota: Amien Sunaryadi

Wakil ketua merangkap anggota: Zainal Arifin Mochtar

Anggota: Estu Budiarto 

Anggota: Setiawan Basuki 

Anggota: Hendra Prasmono

Anggota: Sekretaris Jenderal 

Anggota: Inspektur Jenderal.

https://money.kompas.com/read/2023/03/18/072204226/sri-mulyani-tunjuk-eks-petinggi-kpk-jadi-ketua-komisi-pengawas-perpajakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke