Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Jelang Idul Fitri, Bank Mandiri Jabar Siapkan Rp 5,9 Triliun

Regional CEO Bank Mandiri Region VI / Jawa Barat M Wisnu Trihanggodo mengatakan, alokasi ini meningkat 7,9 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Wisnu menjelaskan, sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi sekitar Rp 5,3 triliun selama periode tersebut.

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 1.206 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak akhir bulan lalu hingga saat libur Lebaran,” ujar Wisnu dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (18/4/2023).

Selain mesin ATM, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.

“Kami telah melakukan preventive maintenance untuk sekitar 256 ATM dan 3.252 EDC yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU, dan tempat wisata,” tutur dia.

Nasabah juga dapat menggunakan Livin’ by Mandiri yang memiliki beragam fitur seperti cek saldo, pembayaran tagihan bulanan, top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran dengan Quick Response (QR) payment sumber dana tabungan ataupun kartu kredit.

Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta dan pesawat pada super app ini.

Bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, pihaknya akan menyiapkan stok 108.000 kartu yang dapat diperoleh di cabang, toko retail seperti Indomaret dan Alfamart. Kemudian di outlet resmi bank mandiri di ecommerce, dan vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Dituturkannya, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

https://money.kompas.com/read/2023/04/18/120120926/penuhi-kebutuhan-uang-tunai-jelang-idul-fitri-bank-mandiri-jabar-siapkan-rp-59

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke