Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lampaui Target, Laba Bersih PLN 2022 Capai Rp 14,4 Triliun

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, capaian laba bersih itu setara dengan 124 persen dari target yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 6,4 triliun.

“Capaian ini bukan sekadar angka. Di balik itu semua, ada kerja keras, dedikasi, dan loyalitas seluruh insan PLN yang melakukan transformasi dengan fondasi digitalisasi," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (4/5/2023).

Ia menuturkan, perusahaan banyak melakukan transformasi untuk mampu bertahan melewati masa sulit di tengah situasi pemulihan pascapandemi covid-19, tekanan ekonomi global, dan fluktuasi nilai tukar rupiah.

Transformasi dilakukan PLN dengan mengubah paradigma dan cara kerja menjadi lebih produktif, sehingga tidak hanya meningkatkan pendapatan tetapi juga mampu melakukan efisiensi operasional maupun keuangan perusahaan.

Darmawan pun turut mengapresiasi peran pemerintah dalam mendukung kinerja PLN, khususnya terhadap Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, dan Kementerian Keuangan.

"Selain dukungan luar biasa yang diberikan kepada kami, pemerintah juga berhasil menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mampu mengupayakan daya beli masyarakat terjaga, sehingga konsumsi listrik meningkat,” kata dia.

Ia menjabarkan, penjualan listrik PLN di 2022 meningkat 6,3 persen menjadi sebesar 273,8 terrawatt hour (TWh) dari sebelumnya 257,6 TWh pada 2021.

Hal ini berdampak pada meningkatnya pendapatan penjualan tenaga listrik sebesar 7,7 persen menjadi Rp 311,1 triliun di 2022 dari Rp 288,9 triliun pada tahun 2021.

Peningkatan pendapatan itu didukung pula oleh upaya efisiensi PLN melalui transformasi digital secara end to end.

Mulai dari digitalisasi sistem pembangkit, transmisi, distribusi, pengadaan, pengendalian sistem keuangan, hingga sistem monitoring aset, hasilnya proses bisnis lebih efektif dan tepat sasaran.

Darmawan menambahkan, sebagai perusahaan yang berperan penting dalam perekonomian nasional, PLN akan terus berupaya meningkatkan kinerjanya untuk menyediakan listrik yang andal, terjangkau, dan berkelanjutan.

"Kami juga terus mengakselerasi transisi energi demi mencapai kemandirian dan kedaulatan energi nasional,” pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2023/05/04/103300126/lampaui-target-laba-bersih-pln-2022-capai-rp-144-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke