Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah agar Tak Membengkak

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya renovasi rumah bisa membengkak dengan cepat apabila tidak dikelola dengan baik. Jika Anda merencanakan dengan hati-hati dan melakukan penelitian menyeluruh, Anda dapat menghemat banyak uang untuk biaya renovasi rumah.

Ide-ide kreatif menghemat uang akan tetap memberi Anda hasil renovasi rumah yang baik tetapi dengan harga yang lebih murah.

Dikutip dari Forbes Home, Senin (11/9/2023), berikut beberapa cara menghemat biaya renovasi rumah agar tidak membengkak.

Setelah Anda mengetahui gambaran biayanya, tambahkan 10 persen ke anggaran tersebut untuk memperhitungkan kelebihan biaya.

2. Hindari utang

 Ada banyak pilihan pembiayaan untuk perbaikan rumah. Namun hati-hati, tidak semua perbaikan rumah memiliki laba atas investasi yang tinggi.

Oleh karena itu, hindari utang untuk renovasi rumah.

3. Buat rencana terperinci

Seperti merencanakan anggaran, tetapkan rencana rinci untuk proyek renovasi rumah. Tentukan cakupan renovasi rumah dan tetap dalam parameter tersebut.


Sangat mudah untuk membiarkan imajinasi Anda menjadi liar, tetapi jika Anda tetap berpegang pada rencana, Anda akan memiliki proyek yang membutuhkan biaya dan proyek yang akan Anda sukai.

4. Gunakan kembali material yang masih bagus

Lemari dapur atau kitchen set Anda mungkin sudah tampak ketinggalan zaman. Namun, berpikirlah ulang sebelum membuangnya.

Anda dapat dengan mudah mengecat lemari dapur untuk tampilan baru atau menggunakannya di tempat lain, misalnya di garasi atau gudang.

5. Ambil sendiri bahan yang telah dipesan

Menghemat biaya pengiriman dengan mengangkut sendiri bahan yang Anda pesan dan beli. Toko perbaikan rumah sering kali menyewa truk yang dapat Anda isi untuk mengangkut bahan, yang mana biaya pengirimannya ditanggung pembeli.

6. Cat sendiri

Anda tidak harus menjadi orang yang berpengalaman untuk mengecat dinding rumah Anda. Sedikit persiapan dan sedikit pengetahuan akan menyelesaikan pekerjaan.

Lapisan cat baru pada lemari dapur juga dapat memberikan tampilan segar pada dapur dengan biaya rendah.

7. Pasang keramik di dinding dapur tanpa bantuan tukang

Belajar memasang keramik atau ubin dinding dapur adalah proyek pemula yang bisa menjadi proyek perbaikan rumah yang bagus. Proyek ini dapat diselesaikan selama akhir pekan atau kurang dengan biaya yang relatif tidak besar.

8. Temukan diskon kitchen set

Lemari dapur atau kitchen set cenderung menjadi salah satu barang termahal dalam renovasi dapur, namun kemungkinan Anda bisa mendapatkan diskon yang menarik.

Pertimbangkan juga untuk mengurangi jumlah lemari yang Anda miliki untuk menciptakan lebih banyak ruang di dapur.

9. Pencocokan harga

Jika Anda menjelajahi situs atau aplikasi belanja online dan menemukan penawaran menarik, lihat apakah toko dapat mencocokkan penawaran tersebut.

Seringkali toko akan melakukannya dan Anda akan menghemat uang dengan tidak perlu membayar biaya pengiriman.

10. Ciptakan ruang

Temukan tempat penyimpanan tambahan tanpa harus merobohkan tembok. Terkadang jika Anda menambahkan beberapa laci tarik, Anda dapat mengosongkan beberapa ruang tambahan di dapur dengan biaya yang lebih murah.

11. Temukan bahan yang mirip

Jika Anda ingin tampilan yang mewah tetapi tidak ingin membayar harga mahal, coba cari bahan yang mirip dengan tampilan yang Anda inginkan. Ada banyak pilihan lantai yang tersedia yang akan memberi Anda gambaran tentang lantai kayu keras yang mahal jika Anda mencari cukup keras.

12. Temukan tukang yang tepat

Kontraktor atau tukang sibuk selama bulan-bulan cuaca panas, jadi jika Anda bisa, sewalah kontraktor selama periode sepi untuk mendapatkan kesepakatan mengenai biaya yang lebih baik.


Kontraktor yang membutuhkan bisnis mungkin memberi Anda banyak tenaga kerja dan menghemat uang untuk proyek renovasi Anda.

https://money.kompas.com/read/2023/09/11/130000426/12-cara-menghemat-biaya-renovasi-rumah-agar-tak-membengkak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke