Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Kesalahan Umum Saat Interview Kerja yang Harus Dihindari

JAKARTA, KOMPAS.com - Wawancara kerja atau interview kerja bukan hanya soal tanya jawab soal pengalaman kerja dan motivasi Anda bekerja di perusahaan. Begitu Anda masuk ke ruangan, perilaku Anda akan dinilai.

Dilansir CNBC, Senin (2/10/2023), menurut William Vanderbloemen, CEO perusahaan rekrutmen eksekutif Vanderbloemen Search Group, pihak perusahaan sangat memperhatikan satu hal dalam interview kerja, yakni jam berapa Anda hadir.

“Saya selalu heran betapa banyak orang yang datang bahkan terlambat dua menit untuk wawancara dengan secangkir kopi segar di tangan mereka,” kata Vanderbloemen.

Tentu saja, sebagian besar HRD perusahaan berempati terhadap keadaan darurat di menit-menit terakhir, kesulitan teknis, dan macet.

Namun demikian, Vanderbloemen mengatakan datang terlambat ke wawancara kerja tanpa pemberitahuan sebelumnya adalah “tanda bahaya” bagi HRD dan calon atasan yang memberikan kesan buruk.

“Ketepatan waktu adalah ujian pertama apakah Anda menjalankan pekerjaan ini dengan serius atau tidak dan dapat dipercaya dengan tanggung jawab peran tersebut,” jelasnya.

Vanderbloemen mengungkapkan, saat wawancara kerja, Anda akan membuat kesepakatan.

"Saat Anda memilih untuk melanggar kesepakatan tersebut, hal itu akan membuat orang mulai mempertanyakan integritas dan keandalan Anda,” tutur dia.

Datang terlalu capat untuk wawancara kerja juga bisa berisiko, menurut Vanderbloemen.

“Jika saya sedang ada rapat, atau sedang istirahat di antara panggilan telepon, tidak ada gunanya jika seseorang menunggu saya selama 15 sampai 20 menit sebelum jadwal panggilan kita,” kata dia.

"Hal ini dapat membuat pewawancara merasa tidak nyaman atau lelah," imbuhnya.

Waktu terbaik untuk hadir dalam wawancara kerja adalah lima menit sebelum waktu mulai yang dijadwalkan, terang Vanderbloemen.

Hadir pada waktu yang tepat, yakni tidak terlalu dini, dan tidak terlalu terlambat, mungkin tampak seperti detail kecil dalam skema besar wawancara kerja, namun hal ini dapat membantu Anda menonjol dari pesaing Anda.

“Wawancara kerja bisa jadi menegangkan, tetapi menyelesaikannya akan jauh lebih mudah jika Anda datang dengan persiapan. Tepat waktu adalah langkah pertama untuk membuktikan kesiapan Anda," jelas Vanderbloemen.

https://money.kompas.com/read/2023/10/02/070200826/catat-kesalahan-umum-saat-interview-kerja-yang-harus-dihindari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke