Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Klaim Gigi Palsu BPJS Kesehatan

Gigi palsu atau gigi tiruan gratis BPJS Kesehatan diberikan kepada peserta atas rekomendasi dari dokter gigi.

Protesa gigi atau gigi tiruan adalah alat bantu fungsional pengganti gigi yang hilang akibat proses pencabutan atau trauma.

Dikutip dari Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2014, protesa gigi atau gigi palsu gratis BPJS Kesehatan diberikan paling cepat dua tahun sekali, atas indikasi medis untuk gigi yang sama.

Pelayanan protesa gigi atau gigi palsu BPJS Kesehatan bisa diberikan di fasilitas kesehatan tingkat pertama dan fasilitas kesehatan tingkat lanjutan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Lantas, bagaimana cara klaim gigi palsu gratis BPJS Kesehatan?

Cara klaim gigi palsu gratis BPJS Kesehatan

Dilansir dari laman resmi Indonesia Baik, tata cara klaim prothesa gigi atau gigi palsu sebagai berikut:

Perlu diketahui, saat mengklaim gigi palsu atau protesa gigi gratis dari BPJS Kesehatan, peserta dapat membawa dokumen seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), kartu BPJS Kesehatan, dan resep dokter yang sudah diverifikasi.

Sebagai catatan, nilai ganti maksimal yang diberikan dalam pelayanan protesa gigi Rp 1.100.000 untuk gigi yang sama dan full protesa. Namun, untuk masing-masing rahang akan memperoleh nilai ganti maksimal Rp 550.000.

Fasilitas kesehatan tidak diperbolehkan menarik iuran dari peserta BPJS Kesehatan, kecuali yang bersangkutan meminta alat kesehatan melebihi batas harga yang telah ditentukan.

Peserta tidak perlu melakukan pengajuan nilai ganti secara langsung ke BPJS Kesehatan, melainkan pengajuan nilai ganti akan diajukan oleh apotek atau instalasi farmasi rumah sakit atau optik.

Demikian informasi mengenai ketentuan dan cara klaim gigi palsu atau protesa gigi BPJS Kesehatan. Untuk bisa mendapatkan gigi tirutan dengan BPJS Kesehatan, status kepesertaan yang bersangkutan harus berstatus aktif.

https://money.kompas.com/read/2023/11/30/080758626/cara-klaim-gigi-palsu-bpjs-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke