Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengoperasian Akses Tol Stasiun Halim Molor, Jasa Marga: Sudah Masuk Tahap Akhir

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengungkapkan pengoperasian akses tol Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim di di KM 1+842 Ruas Tol Jakarta-Cikampek sudah memasuki tahap akhir.

Senior General Manager PT Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan, pembangunan konstruksi gerbang tol dan akses baru menuju Stasiun Halim sudah hampir rampung.

Kemudian pihaknya juga masih menunggu perbaikan atas uji laik fungsi (ULF) jalan tol yang merupakan proses terakhir sebelum jalan akses tol itu dioperasikan.

"Saat ini sedang ditindaklanjuti perbaikan atas uji laik fungsi (ULF) yang dilakukan oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Kepolisian," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (19/2/2024).

Namun pihak Jasa Marga enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai kendala yang terjadi dalam proses mengoperasikan akses tol ini.

Mengingat akses tol Stasiun Halim di KM 1+842 ditargetkan dapat digunakan pada Agustus 2023 bersamaan dengan Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdana Kusuma. Sementara Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdana Kusuma yang dapat diakses dari Jalan DI Panjaitan itu sudah mulai digunakan untuk umum sejak Kereta Cepat Whoosh diujicoba pada September 2023.

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti sebelumnya mengatakan, pembangunan jalan akses tol Stasiun Halim tersebut sudah selesai dikerjakan. Gerbang masuk untuk pembayaran dan papan penunjuk (signage) juga sudah terpasang.

Namun pengoperasian jalan akses itu masih terkendala di operator jalan Tol Jakarta-Cikampek yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk sehingga masih belum bisa digunakan untuk umum.

"Gatenya sudah ada, signage juga, tapi belum ada yang boleh lewat," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (16/2/2024).

Dia menyebut, saat ini Jasa Marga masih melakukan pengujian-pengujian sebelum memastikan jalan akses tol ini dapat digunakan untuk umum.

Untuk itu, hingga kini KCIC masih terus berkoordinasi dengan Jasa Marga dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar jalan akses tol Stasiun Halim dapat segera beroperasi.

"Masih dikordinasikan dengan Jasa Marga untuk yang 1+842 Tol Jakarta-Cikampek. Masih menunggu pengujian-pengujian," ucapnya.


Akses Tol Sementara Sudah Ditutup

Selama ini penumpang Kereta Cepat Whoosh yang masuk atau keluar Stasiun Halim melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek menggunakan jalan akses di KM 00+850 A Tol Jakarta-Cikampek.

Namun jalan akses tol sementara ini akan ditutup permanen mulai 18 Februari mendatang sehingga penumpang Kereta Cepat Whoosh hanya bisa menggunakan Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdana Kusuma melalui Jl. DI Panjaitan untuk menuju Stasiun Halim.

Emir mengungkapkan, sebelumnya akses tol di KM 00+850 A merupakan jalur keluar masuk kendaraan proyek pada masa pembangunan stasiun.

Oleh karenanya, ketika pembangunan sudah selesai, maka KCIC melalui kordinasi bersama Jasamarga dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup akses tol sementara tersebut demi keselamatan dan keamanan pengendara.

Penutupan akses tol menuju Stasiun Halim ini juga menjadi bagian dari pengaturan lalu lintas jalan ruas Tol Jakarta-Cikampek yang sejajar dengan akses jalur proyek bukaan tol baru menuju Stasiun Halim yang saat ini sedang berlangsung.

"Nantinya juga akan diberlakukan kontra flow dalam proses pembangunan akses tol yang baru. Sehingga jika akses tol KM 00+850 A masih dioperasikan, dikhawatirkan akan membahayakan keamanan keselamatan pengguna jalan," jelasnya.

Meski begitu, Emir mengatakan, penumpang Kereta Cepat Whoosh tidak perlu khawatir akan kesulitan mengakses stasiun Halim karena kini Stasiun Halim terhubung dengan sejumlah transportasi umum.

Adapun transportasi umum yang telah disiapkan yaitu Transjakarta 7W rute Cawang-Jalan Mayjen Sutoyo-Jalan DI Panjaitan-Stasiun Halim, LRT Jabodebek dengan rute Dukuh Atas-Jati Mulya, dan Taksi.

https://money.kompas.com/read/2024/02/19/140000626/pengoperasian-akses-tol-stasiun-halim-molor-jasa-marga--sudah-masuk-tahap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke