Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Perbedaan Kebijakan Fiskal dan Moneter serta Contohnya

KOMPAS.com - Ada beberapa perbedaan kebijakan moneter dan fiskal yang paling mendasar. Kebijakan moneter dan fiskal adalah dua pendekatan yang berbeda yang digunakan oleh pemerintah dan bank sentral untuk mempengaruhi perekonomian.

Mengutip laman Investopedia, kebijakan fiskal mengacu pada kebijakan penggunaan anggaran belanja pemerintah dan pajak untuk mempengaruhi kondisi perekonomian, khususnya kondisi makroekonomi seperti penciptaan lapangan kerja, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi.

Selama resesi, pemerintah dapat menurunkan tarif pajak atau meningkatkan pengeluaran untuk mendorong permintaan dan memacu aktivitas ekonomi. Sebaliknya, untuk menekan inflasi, pemerintah dapat menaikkan suku bunga atau memotong pengeluaran untuk menstabilkan perekonomian.

Sementara kebijakan moneter adalah seperangkat alat yang digunakan oleh bank sentral suatu negara untuk mengendalikan jumlah uang beredar secara keseluruhan dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta menerapkan strategi seperti merevisi suku bunga dan mengubah persyaratan cadangan bank.

Perbedaan kebijakan fiskal dan moneter

Berikut setidaknya 7 perbedaan kebijakan moneter dan fiskal yang paling mendasar:

1. Regulator

Kebijakan moneter diatur oleh bank sentral, seperti Federal Reserve di Amerika Serikat atau Bank Sentral Eropa di wilayah Euro. Di Indonesia, kewenangan yang sama dipegang oleh Bank Indonesia (BI).

Sementara kebijakan fiskal diatur oleh pemerintah, melalui proses legislatif dan eksekutif. Di mana kebijakan fiskal dalam prosesnya dilakukan melalui pengaturan APBN.

Ini meliputi kebijakan terkait pengeluaran pemerintah, pajak, dan pendanaan defisit atau surplus anggaran.

2. Instrumen yang dipakai

Perbedaan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal kedua adalah pada instrumennya. Kebijakan fiskal menggunakan alat-alat seperti perubahan dalam tingkat pengeluaran pemerintah (menaikkan atau menurunkan belanja publik).

Lalu kebijakan fiskal lainnya seperti perubahan dalam sistem pajak (menaikkan atau menurunkan pajak), dan perubahan dalam kebijakan anggaran untuk mencapai tujuan-tujuannya.

Sementara kebijakan moneter menggunakan alat-alat seperti perubahan dalam suku bunga acuan, operasi pasar terbuka (pembelian atau penjualan sekuritas pemerintah), persyaratan cadangan bank, dan intervensi langsung di pasar valuta asing.

3. Waktu dan fleksibilitas

Perbedaan kebijakan fiskal dan moneter ada pada fleksibilitas. Kebijakan fiskal sering memerlukan waktu yang lebih lama untuk diimplementasikan karena harus melalui proses legislatif.

Selain itu, kebijakan fiskal cenderung memiliki dampak yang lebih langsung dan spesifik terhadap sektor-sektor tertentu dalam perekonomian.

Kebijakan moneter sering kali lebih fleksibel dan dapat diimplementasikan dengan cepat oleh bank sentral. Kebijakan moneter juga cenderung memiliki dampak yang lebih luas dan tidak langsung terhadap perekonomian secara keseluruhan.

4. Tujuan yang dicapai

Perbedaan kebijakan moneter dan fiskal lainnya adalah pada tujuan yang hendak dicapai. Kebijakan fiskal bertujuan untuk mempengaruhi tingkat aktivitas ekonomi melalui perubahan dalam pengeluaran pemerintah, pajak, atau pendanaan anggaran.

Kebijakan moneter bertujuan untuk mengatur suplai uang dan tingkat suku bunga dalam perekonomian untuk mencapai tujuan-tujuan seperti stabilitas harga, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas sistem keuangan.

5. Dampak

Perbedaan kebijakan moneter dan fiskal juga tampak pada dampak yang ditimbulkan. Kebijakan fiskal memiliki beragam dampak terhadap perekonomian, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kebijakan fiskal yang ekspansif, seperti peningkatan pengeluaran pemerintah atau pemotongan pajak, dapat merangsang pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan permintaan agregat. Ini dapat mengakibatkan peningkatan produksi, investasi, dan lapangan kerja.

Kebijakan fiskal dapat memiliki dampak signifikan pada distribusi pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Misalnya, pemotongan pajak bagi golongan yang berpenghasilan rendah atau program bantuan sosial dapat meningkatkan kesejahteraan bagi mereka yang kurang mampu.

Sementara kebijakan moneter dampak langsungnya terasa pada suku bunga, investasi, dan inflasi.

6. Prosesnya

Perbedaan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal bisa tampak dari proses pengambilan keputusan. Untuk kebijakan moneter biasanya dilakukan bank sentral setelah melalui rapat antara gubernur bank sentral dan para deputi gubernur.

Sementara untuk kebijakan fiskal dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini Menteri Keuangan. Seringkali pemerintah mengeluarkan kebijakan fiskal dengan persetujuan legislatif.

7. Dampak terhadap nilai tukar

Terakhir perbedaan kebijakan fiskal dan moneter adalah pada dampak nilai tukar. Bisa dibilang, kebijakan fiskal tidak langsung mempengaruhi nilai tukar mata uang.

Misalnya saja pemerintah yang menaikkan pajak impor sangat tinggi akan berdampak pada pengurangan masuknya barang impor, sehingga hal ini bisa berefek pada penguatan rupiah.

Sementara untuk kebijakan moneter, dampaknya bisa langsung terasa pada nilai tukar. Contohnya saat BI menaikkan suku bunga acuan, biasanya banyak investor luar negeri yang tertarik membeli rupiah sehingga meningkatkan nilai mata uang ini.

Intervensi valuta asing dan kebijakan suku bunga dapat memengaruhi nilai tukar mata uang nasional terhadap mata uang asing, yang dapat memiliki dampak penting pada ekspor, impor, dan stabilitas ekonomi secara keseluruhan.

Contoh kebijakan moneter dan fiskal

Kebijakan fiskal

Berikut adalah beberapa contoh kebijakan fiskal yang sering diterapkan oleh pemerintah:

1. Pengeluaran APBN

Pemerintah dapat meningkatkan pengeluaran untuk infrastruktur, layanan publik seperti pendidikan dan kesehatan, serta proyek-proyek pembangunan lainnya.

Contoh kebijakan ini adalah peningkatan anggaran untuk pembangunan jalan, pembangunan sekolah baru, atau investasi dalam transportasi umum.

2. Pajak

Pemerintah dapat mengubah tarif pajak untuk mempengaruhi penerimaan pajak dan meningkatkan atau mengurangi pendapatan publik.

Contoh kebijakan ini termasuk pemotongan pajak untuk kelompok pendapatan menengah ke bawah untuk merangsang konsumsi, atau peningkatan pajak atas kekayaan untuk meningkatkan pendapatan publik.

3. Subsidi

Pemerintah dapat memberikan subsidi untuk barang atau layanan tertentu untuk mengurangi biaya bagi konsumen atau produsen.

Contoh kebijakan ini termasuk subsidi bahan bakar minyak untuk menstabilkan harga bahan bakar atau subsidi untuk energi terbarukan untuk mendorong penggunaan sumber energi yang ramah lingkungan.

4. Pengelolaan utang

Pemerintah dapat membiayai defisit anggaran dengan menerbitkan obligasi atau meminjam dari lembaga keuangan domestik atau internasional. Kebijakan ini dapat digunakan untuk meningkatkan belanja pemerintah tanpa harus mengandalkan peningkatan pajak atau pengurangan pengeluaran.

Kebijakan moneter

Berikut adalah beberapa contoh kebijakan moneter yang sering diterapkan oleh bank sentral:

1. Penyesuaian suku bunga acuan

Bank sentral dapat menaikkan atau menurunkan suku bunga acuan untuk mempengaruhi tingkat suku bunga di pasar keuangan. Misalnya, menaikkan suku bunga dapat membantu menahan inflasi yang terlalu tinggi, sementara menurunkan suku bunga dapat merangsang aktivitas ekonomi.

2. Operasi pasar terbuka

Bank sentral dapat melakukan operasi pasar terbuka dengan membeli atau menjual surat berharga pemerintah atau instrumen keuangan lainnya di pasar terbuka. Tindakan ini bertujuan untuk mengatur likuiditas di pasar dan mempengaruhi tingkat suku bunga.

3. Persyaratan cadangan

Bank sentral dapat menetapkan persyaratan cadangan minimum yang harus dipenuhi oleh bank-bank komersial. Penyesuaian persyaratan cadangan dapat digunakan untuk mengontrol jumlah uang yang beredar di pasar.

Itulah setidaknya 7 perbedaan kebijakan fiskal dan moneter dan contoh dari masing-masing kebijakan yang diambil pemerintah dan bank sentral tersebut.

https://money.kompas.com/read/2024/03/22/090733726/7-perbedaan-kebijakan-fiskal-dan-moneter-serta-contohnya

Terkini Lainnya

Pengertian Dividen Interim dan Bedanya dengan Dividen Final

Pengertian Dividen Interim dan Bedanya dengan Dividen Final

Earn Smart
Pajak Dividen: Tarif, Perhitungan, dan Contohnya

Pajak Dividen: Tarif, Perhitungan, dan Contohnya

Earn Smart
Jalan Tol Akses IKN Ditargetkan Beroperasi Fungsional Pada Agustus 2024

Jalan Tol Akses IKN Ditargetkan Beroperasi Fungsional Pada Agustus 2024

Whats New
Cara Menghitung Dividen Saham bagi Investor Pemula Anti-Bingung

Cara Menghitung Dividen Saham bagi Investor Pemula Anti-Bingung

Earn Smart
Sepanjang 2023, AirAsia Indonesia Kantongi Pendapatan Rp 6,62 Triliun

Sepanjang 2023, AirAsia Indonesia Kantongi Pendapatan Rp 6,62 Triliun

Whats New
Menyehatkan Pesawat di Indonesia dengan Skema 'Part Manufacturer Approval'

Menyehatkan Pesawat di Indonesia dengan Skema "Part Manufacturer Approval"

Whats New
Libur Panjang, Tiket Whoosh Bisa untuk Masuk Gratis dan Diskon 12 Wahana di Bandung

Libur Panjang, Tiket Whoosh Bisa untuk Masuk Gratis dan Diskon 12 Wahana di Bandung

Whats New
Memahami Dividen: Pengertian, Sistem Pembagian, Pajak, dan Hitungannya

Memahami Dividen: Pengertian, Sistem Pembagian, Pajak, dan Hitungannya

Earn Smart
Limbah Domestik Dikelola Jadi Kompos, Solusi Kurangi Sampah di Kutai Timur

Limbah Domestik Dikelola Jadi Kompos, Solusi Kurangi Sampah di Kutai Timur

Whats New
Harga Emas Terbaru 11 Mei 2024 di Pegadaian

Harga Emas Terbaru 11 Mei 2024 di Pegadaian

Spend Smart
Harga Emas Antam: Detail Harga Terbaru Pada Sabtu 11 Mei 2024

Harga Emas Antam: Detail Harga Terbaru Pada Sabtu 11 Mei 2024

Spend Smart
Harga Bahan Pokok Sabtu 11 Mei 2024, Semua Bahan Pokok Naik, Kecuali Daging Sapi Murni

Harga Bahan Pokok Sabtu 11 Mei 2024, Semua Bahan Pokok Naik, Kecuali Daging Sapi Murni

Whats New
Pembinaan Berkelanjutan Sampoerna Diapresiasi Stafsus Presiden dan Kemenkop UKM

Pembinaan Berkelanjutan Sampoerna Diapresiasi Stafsus Presiden dan Kemenkop UKM

Whats New
Sanksi Menanti Pejabat Kemenhub yang Viral Usai Ajak Youtuber Korea Mampir ke Hotel

Sanksi Menanti Pejabat Kemenhub yang Viral Usai Ajak Youtuber Korea Mampir ke Hotel

Whats New
[POPULER MONEY] Buntut Ajak Youtuber Korsel ke Hotel, Pejabat Kemenhub Dibebastugaskan | Intip Tawaran 250 Merek Waralaba di Pameran Franchise Kemayoran

[POPULER MONEY] Buntut Ajak Youtuber Korsel ke Hotel, Pejabat Kemenhub Dibebastugaskan | Intip Tawaran 250 Merek Waralaba di Pameran Franchise Kemayoran

Whats New
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke