Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Mulai Hitung Kebutuhan Formasi ASN di IKN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam waktu dekat dirinya akan melakukan rapat koordinasi dengan Kepala Otorita IKN untuk membahas formasi ASN Kemenhub yang akan ditempatkan di wilayah tersebut.

"Kami berjanji akan mengatur formasi ASN yang ada dengan sangat teliti, sehingga para ASN tersebut nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai keahlian yang dimiliki," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/4/2024).

Adapun tahun ini Kemenhub telah mengusulkan jumlah formasi ASN sebanyak 18.017 pegawai kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB).

Dengan rincian, sebanyak 1.391 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 16.626 untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Jumlah ini sangat besar dan belum pernah terjadi sebelumnya," kata Menhub.

Oleh karenanya, dia meminta Kemenhub untuk menyiapkan formasinya dengan cermat.

"Satu hal yang tak kalah penting, Kemenhub juga perlu menyiapkan talenta digital serta auditor yang kompeten untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan," ucap Azwar.

Dalam pengadaan ASN tahun ini, Kementerian PAN-RB menyerahkan sepenuhnya kebutuhan formasi ASN kepada Kementerian/Lembaga, sebab Kementerian/Lembaga-lah yang paling tahu apa yang dibutuhkan.

"Harapan kami, karena Kementerian yang tahu prioritasnya, mudah-mudahan kebutuhan rencana strategis 5-25 tahun ke depan sudah diantisipasi oleh pengadaan ASN tahun ini," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2024/04/19/180000726/kemenhub-mulai-hitung-kebutuhan-formasi-asn-di-ikn

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke