Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Ramalan" Bank Dunia untuk Ekonomi RI 2024, Inflasi 3 Persen, PDB 5,1 Persen

Turk mengatakan, kenaikan harga pangan menyebabkan meningkatnya inflasi utama saat ini.

"Ini karena kondisi iklim yang buruk mengurangi jumlah panen beras dalam negeri dan memengaruhi harga pangan secara lebih luas," ujar Turk.

Di samping itu, ia mengatakan bahwa Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia diperkirakan bisa mencapai 5,1 persen pada 2024.

Ekonomi Indonesia tumbuh stabil

Ia mengatakan, perekonomian Indonesia akan tumbuh stabil di tahun-tahun mendatang lantaran didorong beberapa faktor seperti peningkatan belanja publik, meningkatnya investasi bisnis, dan permintaan konsumen yang stabil.

"Kesuksesan kinerja ekonomi Indonesia sebagian besar adalah berkat kerangka kebijakan makroekonomi pemerintah yang kuat, yang membantu menarik investasi," tuturnya.

Lebih lanjut, Turk menyoroti Bank Indonesia menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar seperempat poin persentase menjadi 6,25 persen pada April lalu. Angka tersebut merupakan level tertinggi sejak tahun 2016.

Ia mengatakan, kenaikan suku bunga terjadi saat bank sentral di negara maju menunda penurunan suku bunga kebijakan yang sebelumnya diantisipasi, sehingga memicu aliran keluar portofolio dan investasi lainnya secara signifikan.

"Dan menyebabkan tekanan mata uang di Indonesia dan di negara berkembang lainnya. Bank Indonesia diperkirakan akan mulai menurunkan suku bunga pada tahun depan, ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2024/06/24/210000026/-ramalan-bank-dunia-untuk-ekonomi-ri-2024-inflasi-3-persen-pdb-5-1-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke